Daftar Isi:
  • Tanggung jawab merupakan salah satu moral dalam hidup mandiri. Manusia seharusnya memiliki tanggung jawab sejak ia lahir didunia. Yang berperan penting dalam mendidik yaitu orangtua, namun apa yang terjadi jika orangtua sendiri sibuk mengurus pekerjaan, tidak peduli akan perilaku tanggung jawab pada anak dan menyerahkan semua kebutuhan anak ke baby sitter? Tentu saja anak tidak akan menyadari pentingnya tanggung untuk masa depannya. Fenomena tersebut banyak dialami oleh masyarakat dengan kelas sosial atas, mereka yang memiliki kesibukan dengan pekerjaan sehari-hari. Dan hal itu menjadi alasan penulis untuk membuat perancangan kampanye sosial bagi orangtua. Penulis menggunakan metode kualitatif seperti wawancara yang dilakukan bersama psikolog anak dan kuantitatif seperti kuesioner atau survei yang memiliki target responden orangtua yang mempunyai anak usia 7 sampai 9 tahun, penulis juga menggunakan studi literatur untuk mencari data dan studi existing sebagai referensi perancangan. Kampanye ini akan membantu untuk mengajak masyarakat agar peduli dengan perilaku tanggung jawab sejak kecil.