Strategi Podcasting pada Media Berita Berbasis Aplikasi: Studi Kasus pada Inspigo
Main Author: | Aprilla Putra, Arik |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/11245/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/11245/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/11245/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/11245/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/11245/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/11245/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/11245/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/11245/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/11245/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan internet saat ini juga ditandai oleh munculnya beragam bentuk jurnalistik baru sebagai alternatif dalam menyajikan informasi kepada khalayak. Salah satunya adalah podcast yang hadir untuk mengisi kekurangan yang dimiliki oleh radio. Hal tersebut membuat sejumlah media yang berfokus menyampaikan informasi melalui audio perlahan beralih menggunakan podcast audio. Media Inspigo merupakan salah satu media berbasis audio yang memilih podcast untuk menyampaikan informasi. Podcast dikembangkan guna menyempurnakan keterbatasan yang dimiliki oleh radio dalam memberikan informasi kepada khalayak. Setelah berjalan selama satu tahun, Inspigo mendapat tanggapan yang cukup baik dari khalayak karena pada awal 2018 pendengar Inspigo telah mendengarkan podcast dengan total 120.000 jam. Peneliti juga menemukan beberapa artikel dan jurnal serta penelitian terdahulu yang sudah membahas bagaimana pemanfaatan podcast di beberapa bidang, walaupun jumlahnya belum banyak. Dari hasil penelitian didapat bahwa produksi podcast yang dilakukan oleh Inspigo sejalan dengan yang dikatakan oleh Jay Baer yaitu Pre-Production, Production, dan Post-Production, hanya saja terdapat perbedaan dalam urutan dan penyajian. Peneliti juga menemukan bahwa satu interview yang dilakukan Inspigo terbagi menjadi beberapa bagian dengan durasi yang lebih singkat yang bertujuan agar nyaman ketika mendengarkan podcast pada Inspigo