ctrlnum 11245
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://kc.umn.ac.id/11245/</relation><title>Strategi Podcasting pada Media Berita Berbasis Aplikasi: Studi Kasus pada Inspigo</title><creator>Aprilla Putra, Arik</creator><subject>HD30 Strategic Communication</subject><description>Perkembangan internet saat ini juga ditandai oleh munculnya beragam bentuk jurnalistik baru sebagai alternatif dalam menyajikan informasi kepada khalayak. Salah satunya adalah podcast yang hadir untuk mengisi kekurangan yang dimiliki oleh radio. Hal tersebut membuat sejumlah media yang berfokus menyampaikan informasi melalui audio perlahan beralih menggunakan podcast audio. Media Inspigo merupakan salah satu media berbasis audio yang memilih podcast untuk menyampaikan informasi. Podcast dikembangkan guna menyempurnakan keterbatasan yang dimiliki oleh radio dalam memberikan informasi kepada khalayak. Setelah berjalan selama satu tahun, Inspigo mendapat tanggapan yang cukup baik dari khalayak karena pada awal 2018 pendengar Inspigo telah mendengarkan podcast dengan total 120.000 jam. Peneliti juga menemukan beberapa artikel dan jurnal serta penelitian terdahulu yang sudah membahas bagaimana pemanfaatan podcast di beberapa bidang, walaupun jumlahnya belum banyak. Dari hasil penelitian didapat bahwa produksi podcast yang dilakukan oleh Inspigo sejalan dengan yang dikatakan oleh Jay Baer yaitu Pre-Production, Production, dan Post-Production, hanya saja terdapat perbedaan dalam urutan dan penyajian. Peneliti juga menemukan bahwa satu interview yang dilakukan Inspigo terbagi menjadi beberapa bagian dengan durasi yang lebih singkat yang bertujuan agar nyaman ketika mendengarkan podcast pada Inspigo</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/11245/1/HALAMAN_AWAL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/11245/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/11245/3/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/11245/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/11245/5/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/11245/6/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/11245/7/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/11245/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Aprilla Putra, Arik (2019) Strategi Podcasting pada Media Berita Berbasis Aplikasi: Studi Kasus pada Inspigo. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara. </identifier><recordID>11245</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Aprilla Putra, Arik
title Strategi Podcasting pada Media Berita Berbasis Aplikasi: Studi Kasus pada Inspigo
publishDate 2019
topic HD30 Strategic Communication
url http://kc.umn.ac.id/11245/1/HALAMAN_AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/11245/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/11245/3/BAB_I.pdf
http://kc.umn.ac.id/11245/4/BAB_II.pdf
http://kc.umn.ac.id/11245/5/BAB_III.pdf
http://kc.umn.ac.id/11245/6/BAB_IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/11245/7/BAB_V.pdf
http://kc.umn.ac.id/11245/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/11245/
contents Perkembangan internet saat ini juga ditandai oleh munculnya beragam bentuk jurnalistik baru sebagai alternatif dalam menyajikan informasi kepada khalayak. Salah satunya adalah podcast yang hadir untuk mengisi kekurangan yang dimiliki oleh radio. Hal tersebut membuat sejumlah media yang berfokus menyampaikan informasi melalui audio perlahan beralih menggunakan podcast audio. Media Inspigo merupakan salah satu media berbasis audio yang memilih podcast untuk menyampaikan informasi. Podcast dikembangkan guna menyempurnakan keterbatasan yang dimiliki oleh radio dalam memberikan informasi kepada khalayak. Setelah berjalan selama satu tahun, Inspigo mendapat tanggapan yang cukup baik dari khalayak karena pada awal 2018 pendengar Inspigo telah mendengarkan podcast dengan total 120.000 jam. Peneliti juga menemukan beberapa artikel dan jurnal serta penelitian terdahulu yang sudah membahas bagaimana pemanfaatan podcast di beberapa bidang, walaupun jumlahnya belum banyak. Dari hasil penelitian didapat bahwa produksi podcast yang dilakukan oleh Inspigo sejalan dengan yang dikatakan oleh Jay Baer yaitu Pre-Production, Production, dan Post-Production, hanya saja terdapat perbedaan dalam urutan dan penyajian. Peneliti juga menemukan bahwa satu interview yang dilakukan Inspigo terbagi menjadi beberapa bagian dengan durasi yang lebih singkat yang bertujuan agar nyaman ketika mendengarkan podcast pada Inspigo
id IOS6965.11245
institution Universitas Multimedia Nusantara
institution_id 355
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Multimedia Nusantara
library_id 306
collection Knowledge Center UMN
repository_id 6965
subject_area Business/Bisnis
Communication/Komunikasi
Art Apreciation/Apresiasi Seni
Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
city TANGERANG
province BANTEN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6965
first_indexed 2019-12-17T06:54:42Z
last_indexed 2019-12-17T06:54:42Z
recordtype dc
_version_ 1686477452224757760
score 17.538404