Rancang Bangun Sistem Informasi Pemetaan Daerah Pembeli dengan Menggunakan Algoritma K-Means
Main Author: | Ivan Pratama, Vincencius |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/11008/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/11008/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/11008/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/11008/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/11008/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/11008/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/11008/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/11008/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/11008/ |
Daftar Isi:
- Suatu perusahaan yang memutuskan untuk beroperasi di salah satu pasar konsumsi, industri, jasa atau pemerintahan, mengakui bahwa pada dasarnya perusahaan tersebut tidak dapat melayani semua pelanggan dikarenakan jumlah pelanggan yang besar dan wilayah yang terlalu luas dengan beraneka ragam kebutuhan masing-masing pembeli. Pada toko SeciusCase, pihak toko kesulitan untuk mengetahui kategori produk mana saja yang paling laku di suatu daerah tertentu, sehingga pihak toko sering salah dalam melakukan promosi produknya di daerah yang produk tersebut kurang laku yang mengakibatkan uang yang keluar untuk promosi menjadi tidak efektif. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan membangun sistem informasi pemetaan daerah pembeli berdasarkan daerah pembeli terbanyak serta produk apa yang paling banyak dibeli di tiap daerah tersebut menggunakan algoritma K-Means clustering. Aplikasi ini berbentuk sebuah website yang dibuat dengan menggunakan php dan algoritma K-Means. Aplikasi ini telah dievaluasi dengan menggunakan Skala Likert dan mendapatkan hasil sebesar 84,6% menyatakan sangat setuju untuk system usefulness, 80,9% menyatakan sangat setuju untuk information quality, dan 85,6% menyatakan sangat setuju untuk interface quality, dengan skor tingkat kepuasan akhir sebesar 83,7%.