Daftar Isi:
  • Industri animasi di Indonesia sekarang ini sudah semakin berkembang. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya animasi-animasi buatan anak bangsa yang ditayangkan di televisi bahkan hingga ke layar lebar. Namun tidak jarang pula animasi-animasi Indonesia yang masih kurang memperhatikan kualitas animasinya. Dalam membuat animasi yang baik, tentunya kualitas gerakan sebuah animasi menjadi unsur yang sangat penting. Dengan kualitas gerakan yang bagus, animasi tersebut terasa lebih hidup dan nyata, sehingga cerita yang ingin disampaikan mampu diterima oleh penonton dengan baik. Dalam mempelajari pergerakan animasi, penulis akan mempelajari tentang bagaimana karakter dalam film animasi bergerak melalui kajian pustaka. Mulai dari karakter manusia, hewan, atau bahkan makhluk mitologi sekalipun, memiliki gaya pergerakan tubuh yang berbeda-beda. Penulis juga akan melakukan observasi terhadap film-film animasi yang sudah ada sebelumnya untuk memperbanyak refrensi demi untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Maka dari itu, penulis mengangkat topik mengenai perancangan gerakan tokoh Barong dalam animasi tiga dimensi berjudul "Kosala".