Perancangan Gerak Tokoh pada Adegan Pertarungan dalam Film Animasi 3D Berjudul "RAMPAG!"
Main Author: | Vanessa Gozali, Charina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/10767/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/10767/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/10767/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/10767/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/10767/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/10767/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/10767/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/10767/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/10767/ |
Daftar Isi:
- Pergerakan pada film animasi 3D adalah salah satu faktor penting diantara faktor lainnya; modeling, environment, lighting, visual effect dan lainnya. Jika pergerakan pada film animasi 3D tidak maksimal, maka film tersebut akan terlihat kaku dan tidak nyata. Untuk membuat pergerakan yang maksimal, maka dibutuhkan sebuah perancangan gerak. Setiap animator memiliki caranya tersendiri untuk merancang gerak tokoh, seperti dengan membuat storyboard atau sketsa gerakan, membuat video referensi pribadi, atau hanya dengan membaca script. Untuk dapat merancang sebuah gerak yang diinginkan, seorang animator harus dibekali pemahaman prinsip dasar animasi, gestur tubuh dengan cara ber- acting. Saat merancang gerakan, animator harus mengetahui dan menyesuaikan pergerakan tersebut dengan genre film yang ingin dibawakan. Pada karya Tugas Akhir, penulis merancang gerak tokoh berdasarkan genre action. Penulis mengambil teori dari fight choreography, sehingga cerita dan pergerakan tokoh dapat seimbang, berguna dan efisien. Parkour adalah jenis olahraga yang efektif untuk kabur atau mengejar sesuatu, melatih kedisiplinan, dan konsentrasi. Olahraga parkour ini juga mengandalakan kecepatan, kelincahan dalam melakukannya, seperti berlari dan wall flip. Hal ini sesuai dengan 3dimensional tokoh yang dibahas penulis.