ctrlnum 10748
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://kc.umn.ac.id/10748/</relation><title>Perancangan Tokoh Dipta dan Mr. Vincent dalam Film Pendek Animasi 2D "Village of Hope"</title><creator>Amanda Lulu, Zita</creator><subject>N Visual arts</subject><description>Penulis tertarik untuk mengangkat isu pengalihfungsian area persawahan menjadi kawasan industri yang marak terjadi di Indonesia. Tokoh yang dirancang ada dua yaitu tokoh pemuda bernama Dipta dan tokoh pengusaha gula bernama Mr. Vincent. Tokoh Dipta adalah seorang sarjana pertanian yang baru lulus kuliah yang kembali ke desanya setelah lama mengenyam pendidikan di kota. Alasannya ialah karena Dipta lebih menyukai tinggal di alam yang asri dan jauh dari polusi. Tokoh Mr. Vincent ingin membeli lahan persawahan desa Dipta untuk dijadikan pabrik gula, namun ia mengurungkan niat tersebut ketika melihat keberanian Dipta untuk mempertahankan desanya. Perancangan tokoh Dipta dan Mr. Vincent meliputi usia dan proporsi tubuh, bentuk dasar dan bentuk tubuh, fitur wajah, ras, kostum dan psikologi warna. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu dengan cara melakukan analisa plot cerita "Village of Hope" untuk mengetahui kebutuhan tokoh yang akan divisualkan. Penggunaan referensi visual dari film animasi maupun foto menjadi acuan dalam perancangan visual tokoh Dipta dan Mr. Vincent. Dari analisa perbedaan dan persamaan tokoh yang menjadi acuan dengan tokoh yang akan dirancang menghasilkan eksplorasi visual tokoh sampai menjadi desain akhir.</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/10748/1/HALAMAN_AWAL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/10748/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/10748/3/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/10748/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/10748/5/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/10748/6/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/10748/7/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/10748/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Amanda Lulu, Zita (2019) Perancangan Tokoh Dipta dan Mr. Vincent dalam Film Pendek Animasi 2D "Village of Hope". Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara. </identifier><recordID>10748</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Amanda Lulu, Zita
title Perancangan Tokoh Dipta dan Mr. Vincent dalam Film Pendek Animasi 2D "Village of Hope"
publishDate 2019
topic N Visual arts
url http://kc.umn.ac.id/10748/1/HALAMAN_AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/10748/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/10748/3/BAB_I.pdf
http://kc.umn.ac.id/10748/4/BAB_II.pdf
http://kc.umn.ac.id/10748/5/BAB_III.pdf
http://kc.umn.ac.id/10748/6/BAB_IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/10748/7/BAB_V.pdf
http://kc.umn.ac.id/10748/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/10748/
contents Penulis tertarik untuk mengangkat isu pengalihfungsian area persawahan menjadi kawasan industri yang marak terjadi di Indonesia. Tokoh yang dirancang ada dua yaitu tokoh pemuda bernama Dipta dan tokoh pengusaha gula bernama Mr. Vincent. Tokoh Dipta adalah seorang sarjana pertanian yang baru lulus kuliah yang kembali ke desanya setelah lama mengenyam pendidikan di kota. Alasannya ialah karena Dipta lebih menyukai tinggal di alam yang asri dan jauh dari polusi. Tokoh Mr. Vincent ingin membeli lahan persawahan desa Dipta untuk dijadikan pabrik gula, namun ia mengurungkan niat tersebut ketika melihat keberanian Dipta untuk mempertahankan desanya. Perancangan tokoh Dipta dan Mr. Vincent meliputi usia dan proporsi tubuh, bentuk dasar dan bentuk tubuh, fitur wajah, ras, kostum dan psikologi warna. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu dengan cara melakukan analisa plot cerita "Village of Hope" untuk mengetahui kebutuhan tokoh yang akan divisualkan. Penggunaan referensi visual dari film animasi maupun foto menjadi acuan dalam perancangan visual tokoh Dipta dan Mr. Vincent. Dari analisa perbedaan dan persamaan tokoh yang menjadi acuan dengan tokoh yang akan dirancang menghasilkan eksplorasi visual tokoh sampai menjadi desain akhir.
id IOS6965.10748
institution Universitas Multimedia Nusantara
institution_id 355
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Multimedia Nusantara
library_id 306
collection Knowledge Center UMN
repository_id 6965
subject_area Business/Bisnis
Communication/Komunikasi
Art Apreciation/Apresiasi Seni
Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
city TANGERANG
province BANTEN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6965
first_indexed 2019-12-17T06:54:30Z
last_indexed 2019-12-17T06:54:30Z
recordtype dc
_version_ 1686477450146480128
score 17.538404