Pengaruh Brand Image terhadap Loyalitas Pelanggan pada Platform Media Sosial (Survei terhadap Pelanggan Sorabel di Wilayah Jakarta)
Main Author: | Vika, Vika |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/10618/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/10618/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/10618/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/10618/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/10618/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/10618/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/10618/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/10618/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/10618/ |
Daftar Isi:
- Pada era digital ini, masyarakat Indonesia mulai menjadikan internet sebagai penopang aktivitas sehari-hari, termasuk untuk berbelanja. Akselerasi pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia merupakan yang terdepan di Asia Tenggara (dikutip dari pikiran-rakyat.com,Wijinarko,diakses pada 1 Maret 2019). Salah satu bentuknya adalah hadirnya berbagai e-commerce serta pemanfaatan media sosial untuk meningkatkan penjualan. Dalam industri dengan persaingan yang ketat, mengelola brand image dapat menjadi salah satu strategi untuk menghasilkan loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara brand image dengan loyalitas pelanggan Sorabel pada platform media sosial dan seberapa besar pengaruh tersebut. Dalam penelitian ini teori dan konsep yang digunakan adalah model AIDMA-AISAS, e-commerce, digital public relations, media sosial, brand image, dan loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksplanatif. Penyebaran kuesioner kepada 400 responden dilakukan dengan teknik purposive sampling kepada pelanggan Sorabel pada platform media sosial yang berdomisili di wilayah Jakarta. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel brand image (X) memberikan pengaruh kepada loyalitas pelanggan Sorabel pada platform media sosial (Y) sebesar 0,803 (80,3%). Selain itu, dimensi dari brand image yaitu strength of brand association merupakan dimensi yang memberikan pengaruh paling besar terhadap loyalitas pelanggan yakni sebesar 69,8%.