Daftar Isi:
  • Partisipasi aktif warga negara berperan penting dalam memastikan keberlangsungan demokrasi suatu negara. Untuk menjadi warga negara aktif, masyarakat membutuhkan literasi media dan informasi sehingga dapat turut ambil bagian dalam pengambilan keputusan dan pembuatan kebijakan yang mengedepankan kepentingan umum. Pada penelitian ini, peneliti mengkaji tingkat literasi media dan informasi, tingkat kompetensi kewarganegaraan, dan hubungan antara kedua variabel tersebut. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan sifat penelitian eksplanatif. Metode survei yang digunakan untuk mengumpulkan data pada 465 siswa dari lima sekolah yang berbeda di Tangerang. Data yang didapatkan kemudian diolah dengan rumus korelasi Pearson Product-Moment untuk ditemukan hubungan antara tingkat literasi media dan informasi dengan kompetensi kewarganegaraan. Sementara untuk menemukan tingkat kompetensi masing-masing variabel, peneliti mengklasifikasikan nilai rata-rata yang telah didapatkan ke dalam kategori sangat rendah, rendah, sedang, tinggi, atau sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara tingkat literasi media dan informasi dengan kompetensi kewarganegaraan, dengan koefisien korelasi 0,531 dan signifikansi 0,000. Tingkat literasi media dan informasi para siswa ditemukan berada dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata 7,27. Sementara tingkat kompetensi kewarganegaraan memperoleh rata-rata sebesar 7,10 yang juga termasuk dalam kategori tinggi.