ctrlnum 10447
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://kc.umn.ac.id/10447/</relation><title>Hubungan Tingkat Literasi Media dan Informasi dengan Kompetensi sebagai Warga Negara Aktif pada Siswa SMA di Tangerang</title><creator>Florentia, Levana</creator><subject>HD30 Strategic Communication</subject><description>Partisipasi aktif warga negara berperan penting dalam memastikan keberlangsungan demokrasi suatu negara. Untuk menjadi warga negara aktif, masyarakat membutuhkan literasi media dan informasi sehingga dapat turut ambil bagian dalam pengambilan keputusan dan pembuatan kebijakan yang mengedepankan kepentingan umum. Pada penelitian ini, peneliti mengkaji tingkat literasi media dan informasi, tingkat kompetensi kewarganegaraan, dan hubungan antara kedua variabel tersebut. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan sifat penelitian eksplanatif. Metode survei yang digunakan untuk mengumpulkan data pada 465 siswa dari lima sekolah yang berbeda di Tangerang. Data yang didapatkan kemudian diolah dengan rumus korelasi Pearson Product-Moment untuk ditemukan hubungan antara tingkat literasi media dan informasi dengan kompetensi kewarganegaraan. Sementara untuk menemukan tingkat kompetensi masing-masing variabel, peneliti mengklasifikasikan nilai rata-rata yang telah didapatkan ke dalam kategori sangat rendah, rendah, sedang, tinggi, atau sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara tingkat literasi media dan informasi dengan kompetensi kewarganegaraan, dengan koefisien korelasi 0,531 dan signifikansi 0,000. Tingkat literasi media dan informasi para siswa ditemukan berada dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata 7,27. Sementara tingkat kompetensi kewarganegaraan memperoleh rata-rata sebesar 7,10 yang juga termasuk dalam kategori tinggi.</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/10447/1/HALAMAN_AWAL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/10447/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/10447/3/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/10447/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/10447/5/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/10447/6/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/10447/7/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/10447/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Florentia, Levana (2019) Hubungan Tingkat Literasi Media dan Informasi dengan Kompetensi sebagai Warga Negara Aktif pada Siswa SMA di Tangerang. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara. </identifier><recordID>10447</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Florentia, Levana
title Hubungan Tingkat Literasi Media dan Informasi dengan Kompetensi sebagai Warga Negara Aktif pada Siswa SMA di Tangerang
publishDate 2019
topic HD30 Strategic Communication
url http://kc.umn.ac.id/10447/1/HALAMAN_AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/10447/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/10447/3/BAB_I.pdf
http://kc.umn.ac.id/10447/4/BAB_II.pdf
http://kc.umn.ac.id/10447/5/BAB_III.pdf
http://kc.umn.ac.id/10447/6/BAB_IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/10447/7/BAB_V.pdf
http://kc.umn.ac.id/10447/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/10447/
contents Partisipasi aktif warga negara berperan penting dalam memastikan keberlangsungan demokrasi suatu negara. Untuk menjadi warga negara aktif, masyarakat membutuhkan literasi media dan informasi sehingga dapat turut ambil bagian dalam pengambilan keputusan dan pembuatan kebijakan yang mengedepankan kepentingan umum. Pada penelitian ini, peneliti mengkaji tingkat literasi media dan informasi, tingkat kompetensi kewarganegaraan, dan hubungan antara kedua variabel tersebut. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan sifat penelitian eksplanatif. Metode survei yang digunakan untuk mengumpulkan data pada 465 siswa dari lima sekolah yang berbeda di Tangerang. Data yang didapatkan kemudian diolah dengan rumus korelasi Pearson Product-Moment untuk ditemukan hubungan antara tingkat literasi media dan informasi dengan kompetensi kewarganegaraan. Sementara untuk menemukan tingkat kompetensi masing-masing variabel, peneliti mengklasifikasikan nilai rata-rata yang telah didapatkan ke dalam kategori sangat rendah, rendah, sedang, tinggi, atau sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara tingkat literasi media dan informasi dengan kompetensi kewarganegaraan, dengan koefisien korelasi 0,531 dan signifikansi 0,000. Tingkat literasi media dan informasi para siswa ditemukan berada dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata 7,27. Sementara tingkat kompetensi kewarganegaraan memperoleh rata-rata sebesar 7,10 yang juga termasuk dalam kategori tinggi.
id IOS6965.10447
institution Universitas Multimedia Nusantara
institution_id 355
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Multimedia Nusantara
library_id 306
collection Knowledge Center UMN
repository_id 6965
subject_area Business/Bisnis
Communication/Komunikasi
Art Apreciation/Apresiasi Seni
Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
city TANGERANG
province BANTEN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6965
first_indexed 2019-12-17T06:54:22Z
last_indexed 2019-12-17T06:54:22Z
recordtype dc
_version_ 1683865412335304704
score 17.538404