Pengaruh Daya Tarik Emosional Iklan YouTube Tokopedia ?Cerita Cinta di dalam Kereta? terhadap Brand Attitude
Main Author: | Hartanto, Carina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://kc.umn.ac.id/10367/1/HALAMAN_AWAL.pdf http://kc.umn.ac.id/10367/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://kc.umn.ac.id/10367/3/BAB_I.pdf http://kc.umn.ac.id/10367/4/BAB_II.pdf http://kc.umn.ac.id/10367/5/BAB_III.pdf http://kc.umn.ac.id/10367/6/BAB_IV.pdf http://kc.umn.ac.id/10367/7/BAB_V.pdf http://kc.umn.ac.id/10367/8/LAMPIRAN.pdf http://kc.umn.ac.id/10367/ |
Daftar Isi:
- Pesatnya pertumbuhan bisnis di Indonesia membuat industri periklanan berkembang dikarenakan tingkat persaingan yang tinggi. Penggunaan daya tarik emosional dalam iklan digital lewat media sosial seperti YouTube menjadi salah satu strategi iklan yang banyak diterapkan, salah satunya oleh Tokopedia lewat iklan YouTube yang berjudul "Cerita Cinta di Dalam Kereta". Tujuan penelitian ini adalah melihat pengaruh dari daya tarik emosional iklan YouTube Tokopedia terhadap brand attitude. Teori yang digunakan adalah Elaboration Likelihood Model, yang menjelaskan bagaimana individu memproses pesan iklan lewat rute sentral dan rute periferal. Teori juga didukung dengan konsep seperti advertising appeal, social media advertising, dan brand attitude. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksplanatif dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner online. Populasi dalam penelitian ini adalah subscribers channel YouTube Tokopedia dengan jumlah sampel sebesar 200 responden. Pengambilan sampel dilakukan lewat metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling karena responden harus memenuhi kriteria tertentu untuk dapat mengisi kuesioner. Analisis data dilakukan dengan uji regresi linier sederhana dan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh sebesar 31% antara daya tarik emosional iklan YouTube Tokopedia "Cerita Cinta di dalam Kereta" terhadap brand attitude. Sisa 69% merupakan faktor yang tidak diteliti dalam penelitian ini sehingga diharapkan dapat diteliti dalam penelitian berikutnya, seperti daya tarik rasional.