ctrlnum 10367
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://kc.umn.ac.id/10367/</relation><title>Pengaruh Daya Tarik Emosional Iklan YouTube Tokopedia ?Cerita Cinta di dalam Kereta? terhadap Brand Attitude</title><creator>Hartanto, Carina</creator><subject>HD30 Strategic Communication</subject><description>Pesatnya pertumbuhan bisnis di Indonesia membuat industri periklanan berkembang dikarenakan tingkat persaingan yang tinggi. Penggunaan daya tarik emosional dalam iklan digital lewat media sosial seperti YouTube menjadi salah satu strategi iklan yang banyak diterapkan, salah satunya oleh Tokopedia lewat iklan YouTube yang berjudul "Cerita Cinta di Dalam Kereta". Tujuan penelitian ini adalah melihat pengaruh dari daya tarik emosional iklan YouTube Tokopedia terhadap brand attitude. Teori yang digunakan adalah Elaboration Likelihood Model, yang menjelaskan bagaimana individu memproses pesan iklan lewat rute sentral dan rute periferal. Teori juga didukung dengan konsep seperti advertising appeal, social media advertising, dan brand attitude. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksplanatif dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner online. Populasi dalam penelitian ini adalah subscribers channel YouTube Tokopedia dengan jumlah sampel sebesar 200 responden. Pengambilan sampel dilakukan lewat metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling karena responden harus memenuhi kriteria tertentu untuk dapat mengisi kuesioner. Analisis data dilakukan dengan uji regresi linier sederhana dan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh sebesar 31% antara daya tarik emosional iklan YouTube Tokopedia "Cerita Cinta di dalam Kereta" terhadap brand attitude. Sisa 69% merupakan faktor yang tidak diteliti dalam penelitian ini sehingga diharapkan dapat diteliti dalam penelitian berikutnya, seperti daya tarik rasional.</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/10367/1/HALAMAN_AWAL.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/10367/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/10367/3/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/10367/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/10367/5/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/10367/6/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/10367/7/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://kc.umn.ac.id/10367/8/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Hartanto, Carina (2019) Pengaruh Daya Tarik Emosional Iklan YouTube Tokopedia ?Cerita Cinta di dalam Kereta? terhadap Brand Attitude. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara. </identifier><recordID>10367</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Hartanto, Carina
title Pengaruh Daya Tarik Emosional Iklan YouTube Tokopedia ?Cerita Cinta di dalam Kereta? terhadap Brand Attitude
publishDate 2019
topic HD30 Strategic Communication
url http://kc.umn.ac.id/10367/1/HALAMAN_AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/10367/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/10367/3/BAB_I.pdf
http://kc.umn.ac.id/10367/4/BAB_II.pdf
http://kc.umn.ac.id/10367/5/BAB_III.pdf
http://kc.umn.ac.id/10367/6/BAB_IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/10367/7/BAB_V.pdf
http://kc.umn.ac.id/10367/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/10367/
contents Pesatnya pertumbuhan bisnis di Indonesia membuat industri periklanan berkembang dikarenakan tingkat persaingan yang tinggi. Penggunaan daya tarik emosional dalam iklan digital lewat media sosial seperti YouTube menjadi salah satu strategi iklan yang banyak diterapkan, salah satunya oleh Tokopedia lewat iklan YouTube yang berjudul "Cerita Cinta di Dalam Kereta". Tujuan penelitian ini adalah melihat pengaruh dari daya tarik emosional iklan YouTube Tokopedia terhadap brand attitude. Teori yang digunakan adalah Elaboration Likelihood Model, yang menjelaskan bagaimana individu memproses pesan iklan lewat rute sentral dan rute periferal. Teori juga didukung dengan konsep seperti advertising appeal, social media advertising, dan brand attitude. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksplanatif dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner online. Populasi dalam penelitian ini adalah subscribers channel YouTube Tokopedia dengan jumlah sampel sebesar 200 responden. Pengambilan sampel dilakukan lewat metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling karena responden harus memenuhi kriteria tertentu untuk dapat mengisi kuesioner. Analisis data dilakukan dengan uji regresi linier sederhana dan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh sebesar 31% antara daya tarik emosional iklan YouTube Tokopedia "Cerita Cinta di dalam Kereta" terhadap brand attitude. Sisa 69% merupakan faktor yang tidak diteliti dalam penelitian ini sehingga diharapkan dapat diteliti dalam penelitian berikutnya, seperti daya tarik rasional.
id IOS6965.10367
institution Universitas Multimedia Nusantara
institution_id 355
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Multimedia Nusantara
library_id 306
collection Knowledge Center UMN
repository_id 6965
subject_area Business/Bisnis
Communication/Komunikasi
Art Apreciation/Apresiasi Seni
Data Processing, Computer Science/Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
city TANGERANG
province BANTEN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6965
first_indexed 2019-12-17T06:54:21Z
last_indexed 2019-12-17T06:54:21Z
recordtype dc
_version_ 1683865412114055168
score 17.538404