Pengaruh Program Customer Relationship Management (CRM) terhadap Loyalitas Pelanggan Starbucks: Survei pada Pengguna Layanan Starbucks Card

Main Author: Laura, Della
Format: Thesis NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://kc.umn.ac.id/10241/1/HALAMAN_AWAL.pdf
http://kc.umn.ac.id/10241/2/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://kc.umn.ac.id/10241/3/BAB_I.pdf
http://kc.umn.ac.id/10241/4/BAB_II.pdf
http://kc.umn.ac.id/10241/5/BAB_III.pdf
http://kc.umn.ac.id/10241/6/BAB_IV.pdf
http://kc.umn.ac.id/10241/7/BAB_V.pdf
http://kc.umn.ac.id/10241/8/LAMPIRAN.pdf
http://kc.umn.ac.id/10241/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini didasarkan pada produk food and beverages industry di Indonesia banyak ditawarkan kepada masyrakat yang membutuhkan. Persaingan bisnis dewasa ini bertumpu pada kualitas layanan, yang lebih mendorong pelanggan untuk kembali menggunakan solusi bermutu yang ditawarkan dengan masalah yang sedang dihadapi cukup besar. Starbucks Indonesia adalah salah satu perusahaan kedai kopi terbesar di dunia, meskipun banyak kompetitor yang ada, Starbucks tidak pernah kehilangan loyalitas dari pelanggannya. Melalui program loyalitas customer relationship management: Starbuks Card adalah salah satu cara perusahaan mempertahankan loyalitas pelanggannya. Penelitian ini mengacu pada konsep customer relationship management dan loyalitas pelanggan. Metodologi yang digunakan adalah dengan metode kuantitatif eksplanatif. Peneliti menyebarkan kuesioner kepada 400 responden yang merupakan pelanggan yang menjadi pengguna kartu starbucks dengan kriteria mengetahui aplikasi Starbucks ID memiliki fungsi yang sama dengan Starbucks Card untuk metode pembayaran ataupun mengumpulkan Stars, dan yang pernah bertransaksi melalui Starbucks Card atau Aplikasi Starbucks ID. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel customer relationship management (X) terhadap variabel loyalitas pelanggan (Y) sebesar 62.2%. Maka dapat disimpulkan bahwa hubungan antara program customer relationship management (CRM) starbucks card dari Starbucks memberikan dampak positif pada loyalitas dari pelanggan.