Daftar Isi:
  • Perkembangan industri perabot rumah tangga dilatarbelakangi oleh perkembangan pembangunan di Indonesia yang semakin pesat. Oleh sebab itu, penting bagi perusahaan yang berasal dari global maupun lokal untuk membangun brand image-nya agar siap bersaing dengan berbagai perusahaan lain. Perusahaan perlu membangun brand image yang kuat, unggul, dan unik. Salah satu manfaat brand image yaitu mendorong terciptanya customer loyalty. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara brand image terhadap customer loyalty Ikea serta seberapa besar pengaruh tersebut. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah brand, brand image,dan customer loyalty. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan membagikan kuesioner kepada 400 responden dengan teknik purposive sampling. Responden pada penelitian ini yaitu followers Instagram Ikea Indonesia yang pernah membeli perabot rumah tangga di Ikea. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara brand image (variabel X) terhadap customer loyalty (variabel Y) sebesar 32,8%. Dimensi strength of brand association yang dimiliki Ikea memiliki pergaruh yang paling besar terhadap customer loyalty yaitu sebesar 33,5%. Sementara itu diketahui juga bahwa dimensi uniqueness of brand association adalah dimensi yang mengurangi hubungan antara brand image terhadap customer loyalty.