Daftar Isi:
  • Pelanggan adalah seseorang yang sangat penting bagi kelangsungan perusahaan. Memiliki ikatan dengan pelanggan adalah hal yang penting bagi perusahaan di tengah persaingan yang ketat ini. Membangun hubungan yang loyal dengan pelanggan tidak cukup. Perusahaan perlu membangun ikatan emosional dengan pelanggan. Proses tersebut dapat dilakukan dari penerapan Customer Relationship Management (CRM) yang pada tujuan akhirnya membangun Customer Engagement. Proses ini dapat diterapkan melalui media sosial karena media sosial sangat mudah menjangkau publik yang luas. Melalui media sosial, perusahaan dapat membagikan konten yang menarik perhatian pelanggan untuk berinteraksi dan memiliki sebuah ikatan dengan pelanggan.Judul skripsi ini adalah Strategi Membangun Customer Engagement Pada Media Sosial PT Global Loyalty Indonesia(Studi Kasus: Instagram @Ponta_id). Tujuan dari penelitian untuk mengetahui konten yang dibagikan oleh Ponta pada media sosial Instagram yang dapat membangun ikatan dengan pelanggannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus serta menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi.Peneliti menganalisis data yang diperoleh menggunakan teori dan konsep yang telah ditentukan pada penelitian ini. Hasil penelitian yang diperoleh adalah Ponta memanfaatkan media sosial dalam hal membangun ikatan dengan pelanggannya. Konten yang dibagikan oleh Ponta merupakan konten yang sederhana dan menghibur guna membangun ikatan. Ponta telah mempraktikan program tersebut karena Ponta sadar bahwa membangun ikatan dengan pelanggan sangat penting bagi kelangsungan perusahaan.