Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Materi Ekosistem di Kelas Vii Smp Negeri 5 Leihitu Barat Satu Atap Larike Kabupaten Maluku Tengah

Main Author: Laisouw, Habiba
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainambon.ac.id/534/2/bab%201%2C3%2C5.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/534/3/bab%201-5.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/534/
ctrlnum 534
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.iainambon.ac.id/534/</relation><title>Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Materi Ekosistem di Kelas Vii Smp Negeri 5 Leihitu Barat Satu Atap Larike Kabupaten Maluku Tengah</title><creator>Laisouw, Habiba</creator><subject>Pendidikan Biologi</subject><description>Dalam kegiatan pembelajaran di sekolah, terdapat kemampuan- kemampuan yang harus dikembangkan siswa sebagai hasil dari proses pembelajaran. diantara kemampuan tersebut adalah kemampuan yang meliputi ranah kognitif, ranah afektif dan psikomotorik.. Pembelajaran kooperatif Jigsaw merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang mendorong siswa aktif dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran untuk mencapai prestasi yang maksimal. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah Apakah penerapan model pembelajaran Jigsaw pada materi ekosistem dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Leihitu Barat Satu Atap Larike Kabupaten Maluku Tengah?. dengan tujuan untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Materi Ekosistem di Kelas VII SMP Negeri 5 Leihitu Barat Satu Atap Larike Kabupaten Maluku Tengah.&#xD; Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian PTK, sampel sebanyak 24 orang siswa, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, perangkat tes, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data berupa data dianalisis dengan menggunakan nilai patokan akhir (NA).&#xD; Dari hasil penelitian diketahui bahwa penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi materi ekosistem ditemukan jumlah siswa yang tuntas belajar sebelum pemberian tindakan adalah 8,33% (2 dari 24 siswa), dengan rata-rata nilai secara klasikal mencapai 44,58 masuk kategori kurang, jumlah tersebut meningkat sebesar&#xD; 45,83% pada siklus I menjadi 58,33% (14 dari 24 siswa) dengan rata-rata nilai secara klasikal mencapai 62,5 masuk pada kategori cukup, dan kembali meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 41,67% sehingga menjadi 100% (dari 24 siswa) dengan rata-rata nilai secara klasikal mencapai 77,08 masuk kategori baik. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada materi ekosistem dapat meningkatkan hasil belajar tuntas pada materi ekosistem, dan juga baik digunakan oleh pendidik yang ada di sekolah SMP Negeri 5 Leihitu Barat.</description><date>2019-06-25</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainambon.ac.id/534/2/bab%201%2C3%2C5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.iainambon.ac.id/534/3/bab%201-5.pdf</identifier><identifier> Laisouw, Habiba (2019) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Materi Ekosistem di Kelas Vii Smp Negeri 5 Leihitu Barat Satu Atap Larike Kabupaten Maluku Tengah. Skripsi thesis, IAIN Ambon. </identifier><recordID>534</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Laisouw, Habiba
title Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Materi Ekosistem di Kelas Vii Smp Negeri 5 Leihitu Barat Satu Atap Larike Kabupaten Maluku Tengah
publishDate 2019
topic Pendidikan Biologi
url http://repository.iainambon.ac.id/534/2/bab%201%2C3%2C5.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/534/3/bab%201-5.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/534/
contents Dalam kegiatan pembelajaran di sekolah, terdapat kemampuan- kemampuan yang harus dikembangkan siswa sebagai hasil dari proses pembelajaran. diantara kemampuan tersebut adalah kemampuan yang meliputi ranah kognitif, ranah afektif dan psikomotorik.. Pembelajaran kooperatif Jigsaw merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang mendorong siswa aktif dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran untuk mencapai prestasi yang maksimal. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah Apakah penerapan model pembelajaran Jigsaw pada materi ekosistem dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Leihitu Barat Satu Atap Larike Kabupaten Maluku Tengah?. dengan tujuan untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Materi Ekosistem di Kelas VII SMP Negeri 5 Leihitu Barat Satu Atap Larike Kabupaten Maluku Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian PTK, sampel sebanyak 24 orang siswa, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, perangkat tes, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data berupa data dianalisis dengan menggunakan nilai patokan akhir (NA). Dari hasil penelitian diketahui bahwa penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi materi ekosistem ditemukan jumlah siswa yang tuntas belajar sebelum pemberian tindakan adalah 8,33% (2 dari 24 siswa), dengan rata-rata nilai secara klasikal mencapai 44,58 masuk kategori kurang, jumlah tersebut meningkat sebesar 45,83% pada siklus I menjadi 58,33% (14 dari 24 siswa) dengan rata-rata nilai secara klasikal mencapai 62,5 masuk pada kategori cukup, dan kembali meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 41,67% sehingga menjadi 100% (dari 24 siswa) dengan rata-rata nilai secara klasikal mencapai 77,08 masuk kategori baik. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada materi ekosistem dapat meningkatkan hasil belajar tuntas pada materi ekosistem, dan juga baik digunakan oleh pendidik yang ada di sekolah SMP Negeri 5 Leihitu Barat.
id IOS6948.534
institution IAIN AMBON
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 2158
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Ambon
library_id 2318
collection Repository IAIN Ambon
repository_id 6948
subject_area Pendidikan
Islam/Agama Islam
Da'wah/Dakwah Islam
Syariah
city KOTA AMBON
province MALUKU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6948
first_indexed 2019-11-06T14:29:28Z
last_indexed 2022-11-05T12:43:39Z
recordtype dc
_version_ 1748660609947271168
score 17.538404