Penerapan Model Pembelajaran Langsung Berbasis Portofolio Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif Siswa Kelas VIII MTs LKMD Pela Kecamatan Batabual Kabupaten Buru

Main Author: Kalidupa, Larais
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://repository.iainambon.ac.id/2083/1/BAB%20I%2C%20III%2C%20V.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/2083/2/FULL%20SKRIPSI.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/2083/
ctrlnum 2083
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.iainambon.ac.id/2083/</relation><title>Penerapan Model Pembelajaran Langsung Berbasis Portofolio Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif Siswa Kelas VIII MTs LKMD Pela Kecamatan Batabual Kabupaten Buru</title><creator>Kalidupa, Larais</creator><subject>Pendidikan Biologi</subject><description>Model pembelajaran adalah seluruh rangkaian penyajian materi ajar yang meliputi segala aspek sebelum sedang dan sesudah pembelajaran yang dilakukan guru, serta segala fasilitas yang terkait yang digunakan secara langsung atau tidak langsung dalam proses belajar mengajar. Model pembelajaran sangat berperan penting dalam membentuk siswa yang berkualitas model pembelajaran merupakan sarana dalam menyampaikan pelajaran kepada siswa. Model pembelajaran yang diterapkan oleh guru harus mampu digunakan dalam mencapai tujuan pendidikan yang ditetapkan. Salah satunya adalah model pembelajaran Langsung berbasis portofolio.&#xD; Tipe penelitian yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe penelitian tindakan kelas (PTK). penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan model Pembelajaran Langsung berbasis portofolio dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi Zat Aditif dan Zat Adiktif siswa kelas VIII di MTs LKMD Pela Kecamatan Batabual Kabupaten Buru. subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs LKMD Pela yang berjumlah 8 orang siswa, terdiri dari 3 laki-laki dan 5 perempuan. Hasil penelitian yang diperoleh terdapat perbedaan yang signifikan pada tiap tahap siklus. Perbedaan hasil yang signifikan dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siklus I dan hasil belajar siklus II, hal ini terbukti bahwa nilai rata-rata pada pra siklus mencapai (44,00) mulai meningkat pada siklus I yaitu (67,50) dan lebih meningkat lagi pada siklus II yaitu (86,00.) tuntas. jadi untuk mencapai KKM secara individual 65 dan secara klasikal 75% pada tahap siklus II telah berhasil.</description><date>2021-12-17</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainambon.ac.id/2083/1/BAB%20I%2C%20III%2C%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainambon.ac.id/2083/2/FULL%20SKRIPSI.pdf</identifier><identifier> Kalidupa, Larais (2021) Penerapan Model Pembelajaran Langsung Berbasis Portofolio Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif Siswa Kelas VIII MTs LKMD Pela Kecamatan Batabual Kabupaten Buru. Skripsi thesis, IAIN Ambon. </identifier><recordID>2083</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Kalidupa, Larais
title Penerapan Model Pembelajaran Langsung Berbasis Portofolio Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif Siswa Kelas VIII MTs LKMD Pela Kecamatan Batabual Kabupaten Buru
publishDate 2021
topic Pendidikan Biologi
url http://repository.iainambon.ac.id/2083/1/BAB%20I%2C%20III%2C%20V.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/2083/2/FULL%20SKRIPSI.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/2083/
contents Model pembelajaran adalah seluruh rangkaian penyajian materi ajar yang meliputi segala aspek sebelum sedang dan sesudah pembelajaran yang dilakukan guru, serta segala fasilitas yang terkait yang digunakan secara langsung atau tidak langsung dalam proses belajar mengajar. Model pembelajaran sangat berperan penting dalam membentuk siswa yang berkualitas model pembelajaran merupakan sarana dalam menyampaikan pelajaran kepada siswa. Model pembelajaran yang diterapkan oleh guru harus mampu digunakan dalam mencapai tujuan pendidikan yang ditetapkan. Salah satunya adalah model pembelajaran Langsung berbasis portofolio. Tipe penelitian yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe penelitian tindakan kelas (PTK). penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan model Pembelajaran Langsung berbasis portofolio dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi Zat Aditif dan Zat Adiktif siswa kelas VIII di MTs LKMD Pela Kecamatan Batabual Kabupaten Buru. subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs LKMD Pela yang berjumlah 8 orang siswa, terdiri dari 3 laki-laki dan 5 perempuan. Hasil penelitian yang diperoleh terdapat perbedaan yang signifikan pada tiap tahap siklus. Perbedaan hasil yang signifikan dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siklus I dan hasil belajar siklus II, hal ini terbukti bahwa nilai rata-rata pada pra siklus mencapai (44,00) mulai meningkat pada siklus I yaitu (67,50) dan lebih meningkat lagi pada siklus II yaitu (86,00.) tuntas. jadi untuk mencapai KKM secara individual 65 dan secara klasikal 75% pada tahap siklus II telah berhasil.
id IOS6948.2083
institution IAIN AMBON
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 2158
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Ambon
library_id 2318
collection Repository IAIN Ambon
repository_id 6948
subject_area Pendidikan
Islam/Agama Islam
Da'wah/Dakwah Islam
Syariah
city KOTA AMBON
province MALUKU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6948
first_indexed 2022-11-05T12:26:08Z
last_indexed 2022-11-05T12:44:30Z
recordtype dc
_version_ 1748660916077985792
score 17.538404