Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis SAVI (Somati, Auditory, Visualization, Intelectualy) Pada Materi Sistem Gerak Pada Manusia Untuk Siswa Kelas VIII Di MTs LKMD Pela Kecamatan Batabual

Main Author: Papalia, Norma
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.iainambon.ac.id/1059/1/BAB%20I%2C%20III%2C%20V.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/1059/2/FULL%20SKRIPSI.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/1059/
Daftar Isi:
  • Salah satu permasalahan yang terdapat dalam dunia pendidikan masih terbatasnya bahan ajar yang dapat membantu siswa dalam memperkaya pengalaman. Membangun pengetahuan siswa dan menunjang kemampuan berpikir siswauntuk menemukan sendiri dalam menyelesaikan masalah Biologi.Salah satu bahan ajar tersebut adalah lembar kerja siswa (LKS) berbasis SAVI pada mata pelajaran biologi kelas VIII di MTs yang di kembangkan. Metode Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Model yang di gunakan adalah model pengembangan 4-D. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data adalah intrumen kevalidan berupa angket, Instrument kepraktisan berupa lembar keterlaksanaan pembelajaran dan instrumen keefektifan berupa tes hasil belajar dan angket respon siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Proses Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada materi sistem gerak pada manusia untuk siswa kelas VIII melalui 3 tahap yaitu tahap pendifinisian (define)bterdiri dari analisis siswa, analisis konsep/materi, dan perumusan masalah, tahap perancangan (design) terdiri dari pemilihan media, pemilihan format, dan rancangan awal, tahap pengembangan (develop) terdiri dari tahap uji validasi lembar kerja siswa (LKS), tahap uji validitas tes hasil belajar, tahap uji kepratisan lembar kerja siswa (LKS), dan uji keefektifan perangkat pembelajaran.