Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis SAVI (Somati, Auditory, Visualization, Intelectualy) Pada Materi Sistem Gerak Pada Manusia Untuk Siswa Kelas VIII Di MTs LKMD Pela Kecamatan Batabual
Main Author: | Papalia, Norma |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainambon.ac.id/1059/1/BAB%20I%2C%20III%2C%20V.pdf http://repository.iainambon.ac.id/1059/2/FULL%20SKRIPSI.pdf http://repository.iainambon.ac.id/1059/ |
ctrlnum |
1059 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.iainambon.ac.id/1059/</relation><title>Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis SAVI (Somati, Auditory, Visualization, Intelectualy) Pada Materi Sistem Gerak Pada Manusia Untuk Siswa Kelas VIII Di MTs LKMD Pela Kecamatan Batabual</title><creator>Papalia, Norma</creator><subject>Pendidikan Biologi</subject><description>Salah satu permasalahan yang terdapat dalam dunia pendidikan masih terbatasnya bahan ajar yang dapat membantu siswa dalam memperkaya pengalaman. Membangun pengetahuan siswa dan menunjang kemampuan berpikir siswauntuk menemukan sendiri dalam menyelesaikan masalah Biologi.Salah satu bahan ajar tersebut adalah lembar kerja siswa (LKS) berbasis SAVI pada mata pelajaran biologi kelas VIII di MTs yang di kembangkan.
Metode Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Model yang di gunakan adalah model pengembangan 4-D. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data adalah intrumen kevalidan berupa angket, Instrument kepraktisan berupa lembar keterlaksanaan pembelajaran dan instrumen keefektifan berupa tes hasil belajar dan angket respon siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif.
Proses Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada materi sistem gerak pada manusia untuk siswa kelas VIII melalui 3 tahap yaitu tahap pendifinisian (define)bterdiri dari analisis siswa, analisis konsep/materi, dan perumusan masalah, tahap perancangan (design) terdiri dari pemilihan media, pemilihan format, dan rancangan awal, tahap pengembangan (develop) terdiri dari tahap uji validasi lembar kerja siswa (LKS), tahap uji validitas tes hasil belajar, tahap uji kepratisan lembar kerja siswa (LKS), dan uji keefektifan perangkat pembelajaran.</description><date>2020-08-27</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainambon.ac.id/1059/1/BAB%20I%2C%20III%2C%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainambon.ac.id/1059/2/FULL%20SKRIPSI.pdf</identifier><identifier> Papalia, Norma (2020) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis SAVI (Somati, Auditory, Visualization, Intelectualy) Pada Materi Sistem Gerak Pada Manusia Untuk Siswa Kelas VIII Di MTs LKMD Pela Kecamatan Batabual. Skripsi thesis, IAIN Ambon. </identifier><recordID>1059</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Papalia, Norma |
title |
Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis SAVI (Somati, Auditory, Visualization, Intelectualy) Pada Materi Sistem Gerak Pada Manusia Untuk Siswa Kelas VIII Di MTs LKMD Pela Kecamatan Batabual |
publishDate |
2020 |
topic |
Pendidikan Biologi |
url |
http://repository.iainambon.ac.id/1059/1/BAB%20I%2C%20III%2C%20V.pdf http://repository.iainambon.ac.id/1059/2/FULL%20SKRIPSI.pdf http://repository.iainambon.ac.id/1059/ |
contents |
Salah satu permasalahan yang terdapat dalam dunia pendidikan masih terbatasnya bahan ajar yang dapat membantu siswa dalam memperkaya pengalaman. Membangun pengetahuan siswa dan menunjang kemampuan berpikir siswauntuk menemukan sendiri dalam menyelesaikan masalah Biologi.Salah satu bahan ajar tersebut adalah lembar kerja siswa (LKS) berbasis SAVI pada mata pelajaran biologi kelas VIII di MTs yang di kembangkan.
Metode Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Model yang di gunakan adalah model pengembangan 4-D. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data adalah intrumen kevalidan berupa angket, Instrument kepraktisan berupa lembar keterlaksanaan pembelajaran dan instrumen keefektifan berupa tes hasil belajar dan angket respon siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif.
Proses Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada materi sistem gerak pada manusia untuk siswa kelas VIII melalui 3 tahap yaitu tahap pendifinisian (define)bterdiri dari analisis siswa, analisis konsep/materi, dan perumusan masalah, tahap perancangan (design) terdiri dari pemilihan media, pemilihan format, dan rancangan awal, tahap pengembangan (develop) terdiri dari tahap uji validasi lembar kerja siswa (LKS), tahap uji validitas tes hasil belajar, tahap uji kepratisan lembar kerja siswa (LKS), dan uji keefektifan perangkat pembelajaran. |
id |
IOS6948.1059 |
institution |
IAIN AMBON |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
2158 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan IAIN Ambon |
library_id |
2318 |
collection |
Repository IAIN Ambon |
repository_id |
6948 |
subject_area |
Pendidikan Islam/Agama Islam Da'wah/Dakwah Islam Syariah |
city |
KOTA AMBON |
province |
MALUKU |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS6948 |
first_indexed |
2022-11-05T12:25:16Z |
last_indexed |
2022-11-05T12:43:57Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1748660903227686912 |
score |
17.538404 |