Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis SAVI (Somati, Auditory, Visualization, Intelectualy) Pada Materi Sistem Gerak Pada Manusia Untuk Siswa Kelas VIII Di MTs LKMD Pela Kecamatan Batabual

Main Author: Papalia, Norma
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://repository.iainambon.ac.id/1059/1/BAB%20I%2C%20III%2C%20V.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/1059/2/FULL%20SKRIPSI.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/1059/
ctrlnum 1059
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.iainambon.ac.id/1059/</relation><title>Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis SAVI (Somati, Auditory, Visualization, Intelectualy) Pada Materi Sistem Gerak Pada Manusia Untuk Siswa Kelas VIII Di MTs LKMD Pela Kecamatan Batabual</title><creator>Papalia, Norma</creator><subject>Pendidikan Biologi</subject><description>Salah satu permasalahan yang terdapat dalam dunia pendidikan masih terbatasnya bahan ajar yang dapat membantu siswa dalam memperkaya pengalaman. Membangun pengetahuan siswa dan menunjang kemampuan berpikir siswauntuk menemukan sendiri dalam menyelesaikan masalah Biologi.Salah satu bahan ajar tersebut adalah lembar kerja siswa (LKS) berbasis SAVI pada mata pelajaran biologi kelas VIII di MTs yang di kembangkan.&#xD; Metode Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Model yang di gunakan adalah model pengembangan 4-D. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data adalah intrumen kevalidan berupa angket, Instrument kepraktisan berupa lembar keterlaksanaan pembelajaran dan instrumen keefektifan berupa tes hasil belajar dan angket respon siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif.&#xD; Proses Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada materi sistem gerak pada manusia untuk siswa kelas VIII melalui 3 tahap yaitu tahap pendifinisian (define)bterdiri dari analisis siswa, analisis konsep/materi, dan perumusan masalah, tahap perancangan (design) terdiri dari pemilihan media, pemilihan format, dan rancangan awal, tahap pengembangan (develop) terdiri dari tahap uji validasi lembar kerja siswa (LKS), tahap uji validitas tes hasil belajar, tahap uji kepratisan lembar kerja siswa (LKS), dan uji keefektifan perangkat pembelajaran.</description><date>2020-08-27</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainambon.ac.id/1059/1/BAB%20I%2C%20III%2C%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainambon.ac.id/1059/2/FULL%20SKRIPSI.pdf</identifier><identifier> Papalia, Norma (2020) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis SAVI (Somati, Auditory, Visualization, Intelectualy) Pada Materi Sistem Gerak Pada Manusia Untuk Siswa Kelas VIII Di MTs LKMD Pela Kecamatan Batabual. Skripsi thesis, IAIN Ambon. </identifier><recordID>1059</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Papalia, Norma
title Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis SAVI (Somati, Auditory, Visualization, Intelectualy) Pada Materi Sistem Gerak Pada Manusia Untuk Siswa Kelas VIII Di MTs LKMD Pela Kecamatan Batabual
publishDate 2020
topic Pendidikan Biologi
url http://repository.iainambon.ac.id/1059/1/BAB%20I%2C%20III%2C%20V.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/1059/2/FULL%20SKRIPSI.pdf
http://repository.iainambon.ac.id/1059/
contents Salah satu permasalahan yang terdapat dalam dunia pendidikan masih terbatasnya bahan ajar yang dapat membantu siswa dalam memperkaya pengalaman. Membangun pengetahuan siswa dan menunjang kemampuan berpikir siswauntuk menemukan sendiri dalam menyelesaikan masalah Biologi.Salah satu bahan ajar tersebut adalah lembar kerja siswa (LKS) berbasis SAVI pada mata pelajaran biologi kelas VIII di MTs yang di kembangkan. Metode Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Model yang di gunakan adalah model pengembangan 4-D. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data adalah intrumen kevalidan berupa angket, Instrument kepraktisan berupa lembar keterlaksanaan pembelajaran dan instrumen keefektifan berupa tes hasil belajar dan angket respon siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Proses Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada materi sistem gerak pada manusia untuk siswa kelas VIII melalui 3 tahap yaitu tahap pendifinisian (define)bterdiri dari analisis siswa, analisis konsep/materi, dan perumusan masalah, tahap perancangan (design) terdiri dari pemilihan media, pemilihan format, dan rancangan awal, tahap pengembangan (develop) terdiri dari tahap uji validasi lembar kerja siswa (LKS), tahap uji validitas tes hasil belajar, tahap uji kepratisan lembar kerja siswa (LKS), dan uji keefektifan perangkat pembelajaran.
id IOS6948.1059
institution IAIN AMBON
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 2158
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Ambon
library_id 2318
collection Repository IAIN Ambon
repository_id 6948
subject_area Pendidikan
Islam/Agama Islam
Da'wah/Dakwah Islam
Syariah
city KOTA AMBON
province MALUKU
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6948
first_indexed 2022-11-05T12:25:16Z
last_indexed 2022-11-05T12:43:57Z
recordtype dc
_version_ 1748660903227686912
score 17.538404