ANALISIS EFEKTIFITAS REMINDING UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN (STUDI KASUS PT. TELKOM SEMARANG)
Main Authors: | Suwarti, .; Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Semarang Jl. Prof. Sudarto SH, Tembalang, Kotak Pos 6199SMS, Semarang 50329 Telp.7473417,7499585(Hunting), Fax 7472396 email: suwarti77@yahoo.co.id, Hendrawati, Dwiana; Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Semarang Jl. Prof. Sudarto SH, Tembalang, Kotak Pos 6199SMS, Semarang 50329 Telp.7473417,7499585(Hunting), Fax 7472396 email: suwarti77@yahoo.co.id |
---|---|
Format: | Article info eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Fakultas Teknik
, 2012
|
Online Access: |
http://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/PROSIDING_SNST_FT/article/view/73 http://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/PROSIDING_SNST_FT/article/view/73/70 |
Daftar Isi:
- Salah satu sektor bisnis pada jasa telekomunikasi di Indonesia yang mengalami pertumbuhan pesat adalah industri telekomunikasi.hal tersebut menjadikan persaingandi bidang telekomunikasi semakin kuat.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa efektifitas reminding untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.Semua perusahaan mempunyai pelanggan sebagai sumber penghasilan. Reminding adalah mengingatkan ataupun memberitahukan kepada pelanggan akan produk atau jasa yang digunakan agar pelanggan tetap loyal, dengan adanya reminding pelanggan akan tahu hak dan kewajiban yang harus dilakukan.Kepuasan pelanggan dapat menjadi dasar menuju terwujudnya konsumen yang loyal. Tujuan perusahaan perlu diukur. apakah efektif atau tidak. Efektifitas bertujuan untuk menentukan tingkat pencapaian hasil atau manfaat yang diinginkan. Untuk menilai kualitas jasa pelayanan PT. Telkom Semarang digunakan lima dimensi kualitas jasa yaitu reliability, responsiveness,assurance, emphaty, tangibles. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif yaitu dengan penelitian studi kasus.Yaitu didasarkan data deskripsi dari suatu status,keadaan, sikap,hubungan,atau suatu sistem pemikiran masalah yang menjadi obyek penelitian. Dengan langkah-langkah mulai dari pengumpulan data,penyusunan dan analisis data serta interpretasi dari data analisis. Rata-rata efektifitas kepuasan pelanggan dari kelima dimensi pada PT. Telkom Semarang sebesar 71.115 berada pada rentang nilai skor 68 – 84 dengan kriteria efektif. Dengan demikian efektifitas reminding dalam kategori efektif untuk meningkatkan kepuasan pelanggan studi.kasus PT. Telkom Semarang. Kata kunci: reminding, Telkom, kepuasan .