PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GUIDED TEACHING TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA
Main Author: | Inge Ayudia |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
FKIP UMN ALWASHLIYAH
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP-IPS/article/view/595 https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP-IPS/article/view/595/461 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe guided teaching teradap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII di MTs Negeri 2 Aceh Tengah, (2) menganalisis perbandingan belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe guided teaching dengan metode konvensional di MTs Negeri 2 Aceh Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTs Negeri 2 Aceh Tengah, yang terdiri dari 6 kelas yang berjumlah 186 siswa, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII1 sebagai kelas control dan VIII2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data: Tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pengujian hipotesis yang mencari hubungan antara variabel X dan variabel Y diperoleh pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe guided teaching terhadap prestasi belajar IPS siswa MTs Negeri 2 Aceh Tengah (2) Model pembelajaran kooperatif tipe guided teaching bisa diterapkan dan dapat diterima karena dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa di MTs Negeri 2 Aceh Tengah dibandingkan dengan metode konvensional yang kurang efektif dalam meningkatkan prestasi belajar IPS MTs Negeri 2 Aceh Tengah.