PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GUIDED TEACHING TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA

Main Author: Inge Ayudia
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: FKIP UMN ALWASHLIYAH , 2020
Subjects:
Online Access: https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP-IPS/article/view/595
https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP-IPS/article/view/595/461
ctrlnum article-595
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GUIDED TEACHING TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA</title><creator>Inge Ayudia</creator><subject lang="en-US">pembelajaran kooperatif, guided teaching, prestasi belajar</subject><description lang="en-US">Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe guided teaching teradap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII di MTs Negeri 2 Aceh Tengah, (2) menganalisis perbandingan belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe guided teaching dengan metode konvensional di MTs Negeri 2 Aceh Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTs Negeri 2 Aceh Tengah, yang terdiri dari 6 kelas yang berjumlah 186 siswa, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII1 sebagai kelas control dan VIII2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data: Tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pengujian hipotesis yang mencari hubungan antara variabel X dan variabel Y diperoleh pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe guided teaching terhadap prestasi belajar IPS siswa MTs Negeri 2 Aceh Tengah (2) Model pembelajaran kooperatif tipe guided teaching bisa diterapkan dan dapat diterima karena dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa di MTs Negeri 2 Aceh Tengah dibandingkan dengan metode konvensional yang kurang efektif dalam meningkatkan prestasi belajar IPS MTs Negeri 2 Aceh Tengah.</description><publisher lang="en-US">FKIP UMN ALWASHLIYAH</publisher><date>2020-11-30</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP-IPS/article/view/595</identifier><source lang="en-US">JURNAL PENDIDIKAN IPS; Vol 1 No 2 (2020): JP-IPS; 88-92</source><source>2301-7732</source><language>eng</language><relation>https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP-IPS/article/view/595/461</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2020 JURNAL PENDIDIKAN IPS</rights><recordID>article-595</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
Journal:Journal
author Inge Ayudia
title PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GUIDED TEACHING TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA
publisher FKIP UMN ALWASHLIYAH
publishDate 2020
topic pembelajaran kooperatif
guided teaching
prestasi belajar
url https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP-IPS/article/view/595
https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP-IPS/article/view/595/461
contents Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe guided teaching teradap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII di MTs Negeri 2 Aceh Tengah, (2) menganalisis perbandingan belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe guided teaching dengan metode konvensional di MTs Negeri 2 Aceh Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTs Negeri 2 Aceh Tengah, yang terdiri dari 6 kelas yang berjumlah 186 siswa, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII1 sebagai kelas control dan VIII2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data: Tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pengujian hipotesis yang mencari hubungan antara variabel X dan variabel Y diperoleh pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe guided teaching terhadap prestasi belajar IPS siswa MTs Negeri 2 Aceh Tengah (2) Model pembelajaran kooperatif tipe guided teaching bisa diterapkan dan dapat diterima karena dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa di MTs Negeri 2 Aceh Tengah dibandingkan dengan metode konvensional yang kurang efektif dalam meningkatkan prestasi belajar IPS MTs Negeri 2 Aceh Tengah.
id IOS6779.article-595
institution UMN AL WASHLIYAH
institution_id 2853
institution_type library:university
library
library LP2M UMN AL WASHLIYAH
library_id 2207
collection Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
repository_id 6779
subject_area Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Pengabdian Kepada Masyarakat Amaliah
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6779
first_indexed 2020-12-18T22:56:41Z
last_indexed 2020-12-18T22:56:41Z
recordtype dc
merged_child_boolean 1
_version_ 1686867936826884096
score 17.538404