PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GUIDED TEACHING TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA
Main Author: | Inge Ayudia |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
FKIP UMN ALWASHLIYAH
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP-IPS/article/view/595 https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP-IPS/article/view/595/461 |
ctrlnum |
article-595 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GUIDED TEACHING TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA</title><creator>Inge Ayudia</creator><subject lang="en-US">pembelajaran kooperatif, guided teaching, prestasi belajar</subject><description lang="en-US">Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe guided teaching teradap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII di MTs Negeri 2 Aceh Tengah, (2) menganalisis perbandingan belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe guided teaching dengan metode konvensional di MTs Negeri 2 Aceh Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTs Negeri 2 Aceh Tengah, yang terdiri dari 6 kelas yang berjumlah 186 siswa, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII1 sebagai kelas control dan VIII2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data: Tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pengujian hipotesis yang mencari hubungan antara variabel X dan variabel Y diperoleh pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe guided teaching terhadap prestasi belajar IPS siswa MTs Negeri 2 Aceh Tengah (2) Model pembelajaran kooperatif tipe guided teaching bisa diterapkan dan dapat diterima karena dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa di MTs Negeri 2 Aceh Tengah dibandingkan dengan metode konvensional yang kurang efektif dalam meningkatkan prestasi belajar IPS MTs Negeri 2 Aceh Tengah.</description><publisher lang="en-US">FKIP UMN ALWASHLIYAH</publisher><date>2020-11-30</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP-IPS/article/view/595</identifier><source lang="en-US">JURNAL PENDIDIKAN IPS; Vol 1 No 2 (2020): JP-IPS; 88-92</source><source>2301-7732</source><language>eng</language><relation>https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP-IPS/article/view/595/461</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2020 JURNAL PENDIDIKAN IPS</rights><recordID>article-595</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Article Journal Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion Other File:application/pdf File Journal:Journal |
author |
Inge Ayudia |
title |
PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GUIDED TEACHING TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA |
publisher |
FKIP UMN ALWASHLIYAH |
publishDate |
2020 |
topic |
pembelajaran kooperatif guided teaching prestasi belajar |
url |
https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP-IPS/article/view/595 https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP-IPS/article/view/595/461 |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe guided teaching teradap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII di MTs Negeri 2 Aceh Tengah, (2) menganalisis perbandingan belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe guided teaching dengan metode konvensional di MTs Negeri 2 Aceh Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di MTs Negeri 2 Aceh Tengah, yang terdiri dari 6 kelas yang berjumlah 186 siswa, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII1 sebagai kelas control dan VIII2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data: Tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pengujian hipotesis yang mencari hubungan antara variabel X dan variabel Y diperoleh pengaruh yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe guided teaching terhadap prestasi belajar IPS siswa MTs Negeri 2 Aceh Tengah (2) Model pembelajaran kooperatif tipe guided teaching bisa diterapkan dan dapat diterima karena dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa di MTs Negeri 2 Aceh Tengah dibandingkan dengan metode konvensional yang kurang efektif dalam meningkatkan prestasi belajar IPS MTs Negeri 2 Aceh Tengah. |
id |
IOS6779.article-595 |
institution |
UMN AL WASHLIYAH |
institution_id |
2853 |
institution_type |
library:university library |
library |
LP2M UMN AL WASHLIYAH |
library_id |
2207 |
collection |
Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat |
repository_id |
6779 |
subject_area |
Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Pengabdian Kepada Masyarakat Amaliah |
city |
KOTA MEDAN |
province |
SUMATERA UTARA |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS6779 |
first_indexed |
2020-12-18T22:56:41Z |
last_indexed |
2020-12-18T22:56:41Z |
recordtype |
dc |
merged_child_boolean |
1 |
_version_ |
1686867936826884096 |
score |
17.538404 |