UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH (ICM) KELAS VIID SMP NEGERI 4 PANDAK
Main Author: | Diyah Ayu Intan Sari, 11144100005 |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.upy.ac.id/128/1/ARTIKEL%20DIYAH%20AYU%20INTAN%20SARI.pdf http://repository.upy.ac.id/128/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa kelas VII D SMP Negeri 4 Pandak pada pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Pandak pada bulan Mei sampai dengan Juni 2015. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus melalui 4 tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Obyek penelitian keaktifan dan prestasi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match (ICM). Subyek penelitian adalah siswa kelas VIID SMP Negeri 4 Pandak yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, catatan lapangan, wawancara, tes prestasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menganalisis data baik kualitatif maupun kuantitatif melalui berbagai sumber yaitu observasi, angket, catatan lapangan, wawancara, tes prestasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dengan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match (ICM) pada siswa kelas VIID SMP Negeri 4 Pandak dapat disimpulkan bahwa: (1) persentase keaktifan belajar siswa berdasarkan observasi keaktifan siswa pada siklus I yaitu 68,71% meningkat pada siklus II yaitu 82,26% sedangkan berdasarkan angket keaktifan siswa pada pra tindakan yaitu 65,09% (kategori cukup) meningkat pada siklus I yaitu 75,35% (kategori tinggi) dan pada siklus II yaitu 83,80% (kategori tinggi) ; (2) prestasi belajar siswa pada siklus I ketuntasan mencapai 74,07% dengan rata-rata kelas 70,74 dan meningkat pada siklus II ketuntasan mencapai 96,29% dengan nilai rata-rata kelas 92,84.