UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH (ICM) KELAS VIID SMP NEGERI 4 PANDAK

Main Author: Diyah Ayu Intan Sari, 11144100005
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.upy.ac.id/128/1/ARTIKEL%20DIYAH%20AYU%20INTAN%20SARI.pdf
http://repository.upy.ac.id/128/
ctrlnum 128
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.upy.ac.id/128/</relation><title>UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR&#xD; MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN&#xD; KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH (ICM)&#xD; KELAS VIID SMP NEGERI 4 PANDAK</title><creator>Diyah Ayu Intan Sari, 11144100005</creator><subject>Pendidikan</subject><subject>Metode belajar mengajar, Kegiatan belajar mengajar</subject><subject>Matematika</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa kelas VII D SMP Negeri 4 Pandak pada pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel.&#xD; Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Pandak pada bulan Mei sampai dengan Juni 2015. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus melalui 4 tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Obyek penelitian keaktifan dan prestasi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match (ICM). Subyek penelitian adalah siswa kelas VIID SMP Negeri 4 Pandak yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, catatan lapangan, wawancara, tes prestasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menganalisis data baik kualitatif maupun kuantitatif melalui berbagai sumber yaitu observasi, angket, catatan lapangan, wawancara, tes prestasi, dan dokumentasi.&#xD; Berdasarkan hasil penelitian dengan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match (ICM) pada siswa kelas VIID SMP Negeri 4 Pandak dapat disimpulkan bahwa: (1) persentase keaktifan belajar siswa berdasarkan observasi keaktifan siswa pada siklus I yaitu 68,71% meningkat pada siklus II yaitu 82,26% sedangkan berdasarkan angket keaktifan siswa pada pra tindakan yaitu 65,09% (kategori cukup) meningkat pada siklus I yaitu 75,35% (kategori tinggi) dan pada siklus II yaitu 83,80% (kategori tinggi) ; (2) prestasi belajar siswa pada siklus I ketuntasan mencapai 74,07% dengan rata-rata kelas 70,74 dan meningkat pada siklus II ketuntasan mencapai 96,29% dengan nilai rata-rata kelas 92,84.</description><date>2015-07-29</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.upy.ac.id/128/1/ARTIKEL%20DIYAH%20AYU%20INTAN%20SARI.pdf</identifier><identifier> Diyah Ayu Intan Sari, 11144100005 (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH (ICM) KELAS VIID SMP NEGERI 4 PANDAK. Universitas PGRI Yogyakarta. </identifier><recordID>128</recordID></dc>
language ind
format Journal:Article
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Diyah Ayu Intan Sari, 11144100005
title UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH (ICM) KELAS VIID SMP NEGERI 4 PANDAK
publishDate 2015
isbn 11144100005
topic Pendidikan
Metode belajar mengajar
Kegiatan belajar mengajar
Matematika
url http://repository.upy.ac.id/128/1/ARTIKEL%20DIYAH%20AYU%20INTAN%20SARI.pdf
http://repository.upy.ac.id/128/
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa kelas VII D SMP Negeri 4 Pandak pada pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Pandak pada bulan Mei sampai dengan Juni 2015. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus melalui 4 tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Obyek penelitian keaktifan dan prestasi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match (ICM). Subyek penelitian adalah siswa kelas VIID SMP Negeri 4 Pandak yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, catatan lapangan, wawancara, tes prestasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menganalisis data baik kualitatif maupun kuantitatif melalui berbagai sumber yaitu observasi, angket, catatan lapangan, wawancara, tes prestasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dengan model pembelajaran kooperatif tipe Index Card Match (ICM) pada siswa kelas VIID SMP Negeri 4 Pandak dapat disimpulkan bahwa: (1) persentase keaktifan belajar siswa berdasarkan observasi keaktifan siswa pada siklus I yaitu 68,71% meningkat pada siklus II yaitu 82,26% sedangkan berdasarkan angket keaktifan siswa pada pra tindakan yaitu 65,09% (kategori cukup) meningkat pada siklus I yaitu 75,35% (kategori tinggi) dan pada siklus II yaitu 83,80% (kategori tinggi) ; (2) prestasi belajar siswa pada siklus I ketuntasan mencapai 74,07% dengan rata-rata kelas 70,74 dan meningkat pada siklus II ketuntasan mencapai 96,29% dengan nilai rata-rata kelas 92,84.
id IOS6762.128
institution Universitas PGRI Yogyakarta
institution_id 183
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas PGRI Yogyakarta
library_id 588
collection Universitas PGRI Yogyakarta
repository_id 6762
city KOTA YOGYAKARTA
province DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6762
first_indexed 2020-03-18T12:50:47Z
last_indexed 2020-03-18T12:50:47Z
recordtype dc
_version_ 1678961302543794176
score 17.538404