MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MENGHITUNG VOLUME KUBUS DAN BALOK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVMENT DIVISION (STAD)

Main Author: Gunawan, Gunawan
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Prodi Teknologi Pendidikan Sekolah Pascasarjana Univ. Ibn Khaldun , 2020
Subjects:
Online Access: http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/TEK/article/view/2762
http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/TEK/article/view/2762/pdf-v9n1
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana terjadi nya peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika materi menghitung volume kubus dan balok di kelas VIA SD Negeri Duta Pakuan Kota Bogor.Ternyata penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievment Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIA SD Negeri Duta Pakuan. Hal ini terlihat dari peningkatan persentase ketuntasan belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievment Division (STAD). Pada saat pra siklus ketuntasan belajar sebesar 45,16% . Pada saat pembelajaran dirubah dengan menerapkan Kooperatif Tipe Student Team Achievment Division (STAD) maka nilai peserta didik pada siklus 1 meningkat menjadi 61,29% dan pada siklus 2 mencapai 87,10%Penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievment Division (STAD) yang digunakan guru dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, karena itu peneliti menyarankan agar penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievment Division (STAD) disosialisasikan dan digunakan dalam pembelajaran Metamatika di sekolah-sekolah di ling kungan Dinas Pendidikan Kota Bogor.