Penguatan karakter wirausaha melalui metode Story Telling sejarah berdagang Nabi Muhammad dan sahabatnya
Main Author: | Ratumbuysang, Monry FNG |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Psychology Study Program, Faculty of Medicine, Universitas Lambung Mangkurat
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/ecopsy/article/view/4292 https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/ecopsy/article/view/4292/pdf |
Daftar Isi:
- ABSTRAKUpaya menguatkan karakter wirausaha anak yang menjadi tanggung jawab setelah anak memasuki dunia pendidikan. Setelah masuk sekolah, maka kewajiban itu menjadi tugas para guru. Guru mempunyai peran yang sangat penting pula terhadap penguatan karakter wirausaha anak, karena guru akan menjadi figure tuntunan bagi anak selama berada dalam pendidikan formal. Salah satu cara untuk meningkatkan karakter wirausaha anak adalah dengan kegiatan storytelling. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan meningkatkan karakter wirausaha melalui metode Story Telling sejarah berdagang Nabi Muhammad dan sahabatnya Abdurahman Bin’ Auf pada siswa/ siswiMI/ MTs di Assanabil. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif kualitatif. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik presentase untuk melihat hasil dari metode Story Telling terhadap penguatan karakter wirausaha. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan terungkap bahwa sebelum dilakukan metode Story Telling, karakter wirausaha pada siswa/siswi MI dan MTs di Assanabil masih kurang. Akan tetapi setelah dilakukan metode Story Telling, terjadi penguatan dan perubahan karakter wirausaha. Oleh karena itu, disarankan agar guru dapat lebih berkreasi lagi dalam menggunakan metode pembelajaran khususnya metode Story Telling yang bermanfaat dalam pembentukan dan pengembangan karakter siswa.Kata kunci : Penguatan Karakter, Wirausaha, Metode Story TellingABSTRACTEfforts to strengthen the character of child entrepreneurship is the responsibility after the child enters the world of education. After entering school, the obligation becomes the duty of the teachers. Teachers have a very important role also to strengthen the character of child entrepreneurship, because teachers will be the guide figure for children during their stay in formal education. One way to improve the character of child entrepreneurship is by storytelling activities. The purpose of this study is to identify and enhance entrepreneurial character through the Story Telling method of trading history of Prophet Muhammad and his companion Abdurahman Bin 'Auf on students /students /MTs in Assanabil. The design used in this research is using qualitative descriptive method. Data analysis in this study using percentage technique to see the results of the story telling method of strengthening entrepreneurial character. Based on the results of research and discussion revealed that prior to the method of Story Telling, entrepreneurial character in students MI and MTs in Assanabil still less. However, after the method of Story Telling, there is a strengthening and change of entrepreneurial character. Therefore, it is suggested that teachers can be more creative again in using learning methods, especially story telling methods that are useful in the formation and development of student characters.Keywords: Character Strengthening, Entrepreneurship, Story Telling Method