Penguatan karakter wirausaha melalui metode Story Telling sejarah berdagang Nabi Muhammad dan sahabatnya

Main Author: Ratumbuysang, Monry FNG
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Psychology Study Program, Faculty of Medicine, Universitas Lambung Mangkurat , 2017
Subjects:
Online Access: https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/ecopsy/article/view/4292
https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/ecopsy/article/view/4292/pdf
ctrlnum article-4292
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="id-ID">Penguatan karakter wirausaha melalui metode Story Telling sejarah berdagang Nabi Muhammad dan sahabatnya</title><creator>Ratumbuysang, Monry FNG</creator><subject lang="id-ID"/><subject lang="id-ID">Penguatan Karakter; Wirausaha, Metode Story Telling</subject><description lang="id-ID">ABSTRAKUpaya menguatkan karakter wirausaha anak yang menjadi tanggung jawab setelah anak memasuki dunia pendidikan. Setelah masuk sekolah, maka kewajiban itu menjadi tugas para guru. Guru mempunyai peran yang sangat penting pula terhadap penguatan karakter wirausaha anak, karena guru akan menjadi figure tuntunan bagi anak selama berada dalam pendidikan formal. Salah satu cara untuk meningkatkan karakter wirausaha anak adalah dengan kegiatan&#xA0;storytelling. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan meningkatkan karakter wirausaha melalui metode&#xA0;Story Telling&#xA0;sejarah berdagang Nabi Muhammad dan sahabatnya Abdurahman Bin&#x2019; Auf pada siswa/ siswiMI/ MTs di Assanabil. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif kualitatif. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik presentase untuk melihat hasil dari metode&#xA0;Story Telling&#xA0;terhadap penguatan karakter wirausaha. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan terungkap bahwa sebelum dilakukan metode&#xA0;Story Telling, karakter wirausaha pada siswa/siswi MI dan MTs di Assanabil masih kurang. Akan tetapi setelah dilakukan metode&#xA0;Story Telling, terjadi penguatan dan perubahan karakter wirausaha. Oleh karena itu, disarankan agar guru dapat lebih berkreasi lagi dalam menggunakan metode pembelajaran khususnya metode&#xA0;Story Telling&#xA0;yang bermanfaat dalam pembentukan dan pengembangan karakter siswa.Kata kunci :&#xA0;Penguatan Karakter, Wirausaha, Metode Story TellingABSTRACTEfforts to strengthen the character of child entrepreneurship is the responsibility after the child enters the world of education. After entering school, the obligation becomes the duty of the teachers. Teachers have a very important role also to strengthen the character of child entrepreneurship, because teachers will be the guide figure for children during their stay in formal education. One way to improve the character of child entrepreneurship is by storytelling activities. The purpose of this study is to identify and enhance entrepreneurial character through the Story Telling method of trading history of Prophet Muhammad and his companion Abdurahman Bin 'Auf on students /students /MTs in Assanabil. The design used in this research is using qualitative descriptive method. Data analysis in this study using percentage technique to see the results of the story telling method of strengthening entrepreneurial character. Based on the results of research and discussion revealed that prior to the method of Story Telling, entrepreneurial character in students MI and MTs in Assanabil still less. However, after the method of Story Telling, there is a strengthening and change of entrepreneurial character. Therefore, it is suggested that teachers can be more creative again in using learning methods, especially story telling methods that are useful in the formation and development of student characters.Keywords: Character Strengthening, Entrepreneurship, Story Telling Method</description><publisher lang="en-US">Psychology Study Program, Faculty of Medicine, Universitas Lambung Mangkurat</publisher><contributor lang="id-ID"/><date>2017-12-18</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/ecopsy/article/view/4292</identifier><identifier>10.20527/ecopsy.v4i3.4292</identifier><source lang="en-US">Jurnal Ecopsy; Vol 4, No 3 (2017): JURNAL ECOPSY; 133-137</source><source lang="id-ID">Jurnal Ecopsy; Vol 4, No 3 (2017): JURNAL ECOPSY; 133-137</source><source>2354-7634</source><source>2354-7197</source><source>10.20527/ecopsy.v4i3</source><language>ind</language><relation>https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/ecopsy/article/view/4292/pdf</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2017 Monry FNG Ratumbuysang</rights><rights lang="en-US">http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0</rights><recordID>article-4292</recordID></dc>
language ind
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
Journal:eJournal
author Ratumbuysang, Monry FNG
title Penguatan karakter wirausaha melalui metode Story Telling sejarah berdagang Nabi Muhammad dan sahabatnya
publisher Psychology Study Program, Faculty of Medicine, Universitas Lambung Mangkurat
publishDate 2017
topic Penguatan Karakter; Wirausaha
Metode Story Telling
url https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/ecopsy/article/view/4292
https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/ecopsy/article/view/4292/pdf
contents ABSTRAKUpaya menguatkan karakter wirausaha anak yang menjadi tanggung jawab setelah anak memasuki dunia pendidikan. Setelah masuk sekolah, maka kewajiban itu menjadi tugas para guru. Guru mempunyai peran yang sangat penting pula terhadap penguatan karakter wirausaha anak, karena guru akan menjadi figure tuntunan bagi anak selama berada dalam pendidikan formal. Salah satu cara untuk meningkatkan karakter wirausaha anak adalah dengan kegiatan storytelling. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan meningkatkan karakter wirausaha melalui metode Story Telling sejarah berdagang Nabi Muhammad dan sahabatnya Abdurahman Bin’ Auf pada siswa/ siswiMI/ MTs di Assanabil. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif kualitatif. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik presentase untuk melihat hasil dari metode Story Telling terhadap penguatan karakter wirausaha. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan terungkap bahwa sebelum dilakukan metode Story Telling, karakter wirausaha pada siswa/siswi MI dan MTs di Assanabil masih kurang. Akan tetapi setelah dilakukan metode Story Telling, terjadi penguatan dan perubahan karakter wirausaha. Oleh karena itu, disarankan agar guru dapat lebih berkreasi lagi dalam menggunakan metode pembelajaran khususnya metode Story Telling yang bermanfaat dalam pembentukan dan pengembangan karakter siswa.Kata kunci : Penguatan Karakter, Wirausaha, Metode Story TellingABSTRACTEfforts to strengthen the character of child entrepreneurship is the responsibility after the child enters the world of education. After entering school, the obligation becomes the duty of the teachers. Teachers have a very important role also to strengthen the character of child entrepreneurship, because teachers will be the guide figure for children during their stay in formal education. One way to improve the character of child entrepreneurship is by storytelling activities. The purpose of this study is to identify and enhance entrepreneurial character through the Story Telling method of trading history of Prophet Muhammad and his companion Abdurahman Bin 'Auf on students /students /MTs in Assanabil. The design used in this research is using qualitative descriptive method. Data analysis in this study using percentage technique to see the results of the story telling method of strengthening entrepreneurial character. Based on the results of research and discussion revealed that prior to the method of Story Telling, entrepreneurial character in students MI and MTs in Assanabil still less. However, after the method of Story Telling, there is a strengthening and change of entrepreneurial character. Therefore, it is suggested that teachers can be more creative again in using learning methods, especially story telling methods that are useful in the formation and development of student characters.Keywords: Character Strengthening, Entrepreneurship, Story Telling Method
id IOS6553.article-4292
institution Universitas Lambung Mangkurat
institution_id 161
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Lambung Mangkurat
library_id 298
collection Jurnal Ecopsy
repository_id 6553
subject_area Psychology/Psikologi, Ilmu Jiwa
General Publications of Psychology/Terbitan Berseri, Berkala Umum Psikologi
Miscellany of Psychology/Aneka Ragam di Bidang Psikologi
Environmental Psychology/Psikologi Lingkungan
city KOTA BANJARMASIN
province KALIMANTAN SELATAN
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6553
first_indexed 2018-12-28T02:00:36Z
last_indexed 2021-12-06T06:32:33Z
recordtype dc
merged_child_boolean 1
_version_ 1718377676236914688
score 17.538404