Daftar Isi:
  • Sri Rezeki 2015220006, Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Kualitas Pelayanan Kartu Keluarga Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Banjaramasin.Pembimbing: Dra. Hj Hanifah, M.M., Skripsi. Program Studi S1 Manajemen STIE Indonesia Banjarmasin. Tahun 2019. 70 Halaman (termasuk lampiran). Penelitian ini bertujuan untuk menguji khususnya 4 unsur yang diteliti yaitu Prosedur Pelayanan, Persyaratan Pelayanan, Kejelasan Pelayanan, dan Kepastian jadwal pelayanan apakah berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan Kartu Keluarga Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Banjarmasin. Analisis dilakukan terhadap jawaban 50 responden terhadap instrumen penelitian yang disampaikan kepada masyarakat yang mencetak Kartu Keluarga di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Banjarmasin. Metode yang dilakukan dengan pertimbangan yang sama terhadap khususnya 4 unsur pelayanan yang diteliti yaitu Prosedur Pelayanan, Persyaratan Pelayanan, Kejelasan Pelayanan, dan Kepastian Jadwal Pelayanan. Hasil Penelitian dari khususnya 4 unsur yang diteliti yaitu: Prosedur Pelayanan: Tidak ada kendala dan semuanya bisa dipahami dan dimengerti dan alur dalam prosedur pelayanan semuanya dapat dipahami dengan baik oleh masyarakat. Persyaratan Pelayanan: Sebagian dari mereka tidak paham, misalnya kartu keluarga hilang harus minta surat kehilangan dari kepolisian setempat ada beberapa masyarakat yang tidak paham dan menganggap itu sulit karena harus ke kepolisian untuk meminta surat kehilangan. Dan sebagian menurut mereka persyaratan pelayanan mudah dan bisa dipahami dengan baik oleh masyarakat yang mencetak kartu keluarga. Kejelasan Petugas Pelayanan: Bisa mereka mengerti dan pahami dengan baik dan benar. Dan sebagian mereka menyatakan sangat baik, karena menurut mereka petugas pelayanan sangat ramah dan baik dalam menjelaskan setiap detail persyaratan dan dengan jelas serta sopan menjelaskan kepada masyarakat. Kepastian Jadwal Pelayanan: Mencetak kartu keluarga di butuhkan waktu lebih dari 5 menit, untuk mencetak kartu keluarga minimal 10-15 menit menunggu kartu keluarga selesai dan tidak sesuai dengan Standar Operasional Pelayanan (SOP) 5 menit. Dan sebagian mereka menyatakan baik karena menurut mereka untuk pembuatan kartu keluarga tidak telalu lama menunggu dan itu sesuai dengan antrian masuknya berkas. Kata Kunci: kepuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan Kartu Keluarga