PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN POLI KIA (KESEHATAN IBU DAN ANAK) PUSKESMAS KETAPANG KABUPATEN BARITO UTARA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui pengaruh variabel kualitas pelayanan yang terdiri dari Kehandalan, Daya Tanggap, Bukti Fisik, Jaminan dan Empati berpengaruh secara parsial terhadap Kepuasan Pasien Poli KIA di Puskesmas Ketapang Kabupaten Barito Utara. (2) Untuk mengetahui pengaruh variabel kualitas pelayanan yang terdiri dari Kehandalan, Daya Tanggap, Bukti Fisik, Jaminan dan Empatiberpengaruh secara simultan terhadap Kepuasan Pasien Poli KIA di Puskesmas Ketapang Kabupaten Barito Utara. Metode penelitian kuantitatif, sampel sebanyak 93 responden pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan khusus sehingga layak dijadikan sampel dengan rumus Slovin, teknik analisis data menggunakan uji regresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi pengolahan data versi SPSS 16.0 Hasil penelitian mengemukakan: (1) Variabel kualitas pelayanan yang terdiri dari Kehandalan, Daya Tanggap, Bukti Fisik, Jaminan dan Empati berpengaruh secara parsial terhadap Kepuasan Pasien Poli KIA di Puskesmas Ketapang Kabupaten Barito Utara. Artinya secara individual variabel kualitas pelayanan yang terdiri dari kehandalan, daya tanggap, bukti fisik, jaminan dan empati berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien Poli KIA kabupaten barito utara. (2) Variabel kualitas pelayanan yang terdiri dari Kehandalan, Daya Tanggap, Bukti Fisik, Jaminan dan Empati berpengaruh secara simultan terhadap Kepuasan Pasien Poli KIA di Puskesmas Ketapang Kabupaten Barito Utara. Artinya secara bersama-sama variabel kehandalan, daya tanggap, bukti fisik, jaminan, empati berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien Poli KIA di Puskesmas Ketapang Kabupaten Barito Utara. Kata Kunci: Kehandalan, Daya Tanggap, Bukti Fisik, Jaminan, Empati, Kepuasan Pasien.