Daftar Isi:
  • Fitria Ernawati. 2014220088. Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Pengguna BPJS Pada Puskesmas Banjarmasin Indah Di Banjarmasin Barat. Pembimbing : RR. Siti Munawaroh, S.Si., M.M. Skripsi. Program Studi S1 Manajemen STIE Indonesia Banjarmasin. Tahun 2018. 97 halaman (termasuk lampiran). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap pelayanan publik pada Puskesmas Banjarmasin Indah Di Banjarmasin Barat. Sebagai perwujudan tingkat kinerja instansi melalui 12 indikator berdasarkan KEPMENPAN Nomor:KEP/25/M.PAN/2/2004. Analisis ini dilakukan terhadap jawaban responden yang ditentukan sebanyak 150 respoden, sesuai dengan golongan pasien BPJS Kesehatan PBI. Penentuan sampel menggunakan cara sampling insidental. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik kuesioner. Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat dihitung dengan menggunkan, nilai rata-rata tertimbang masing-masing unsur pelayanan. Hasil dari penelitian adalah bahwa Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan publik pengguna BPJS Kesehatan PBI pada Puskesmas Banjarmasin Indah di Banjarmasin Barat memperoleh, nilai indeks 3,127 dan nilai Indeks Kepuasan Masyarakat setelah dikonversi adalah 78,175 sehingga mutu pelayanan adalah “B”. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, nilai Indeks Kepuasan Masyarakat pada Puskesmas Banjarmasin Indah di Banjarmasin Barat sudah mencapai nilai “baik”. Kata Kunci : Indeks Kepuasan Masyarakat