ANALISIS KUALITAS PELAYANAN JASA KESEHATAN DAN HUBUNGANNYA DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUANG VIP PADA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) dr. H. SOEMARNO SOSROATMODJO KUALA KAPUAS
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mengetahui deskripsi tingkat kepentingan pasien di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, (2) menganalisis hubungan antara pelayanan kesehatan (tangibles, reliability, responsiveness, assurance, empathy) dengan kepuasan pasien pasien rawat inap di ruang VIP pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas, (3) ingin mengetahui pelayanan kesehatan (tangibles, reliability, responsiveness, assurance, empathy) mana yang paling kuat berhubungannya dengan kepuasan pasien rawat inap di ruang VIP pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas. Penelitian ini merupakan penelitian survei, yaitu dengan mengambil sampel dari suatu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data yang utama adanya hipotesis yang akan di uji kebenarannya dalam penelitian ini, maka jenis penelitian yang dipakai adalah explanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat inap yang menggunakan pelayanan jasa kesehatan di ruang VIP pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas dan jumlah sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 79 orang pasien. Tehnik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Analisis kepentingan kinerja menggunakan analisis Importance Performance Analysis atau Analisis tingkat kepentingan dan kinerja. Sedangkan Korelasi Rank Spearman dipergunakan untuk mengkorelasikan antara dua variabel.