ctrlnum 97
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.iain-jember.ac.id/97/</relation><title>HAFALAN AL-QUR&#x2019;AN JUZ 30 (JUZ &#x2018;AMMA) SEBAGAI KEWAJIBAN&#xD; BAGI PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL-FATTAH &#xD; PECALONGAN SUKOSARI BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2015/2016</title><creator>SITI KHUZAINIYAH, 084 111 033</creator><subject>130105 Primary Education</subject><subject>130211 Religion Curriculum and Pedagogy</subject><description>Siti Khuzainiyah, 2016: Hafalan Al-Qur&#x201F;an Juz 30 (Juz &#x201E;Amma) sebagai Kewajiban bagi Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Fattah Pecalongan Sukosari Bondowoso Tahun Pelajaran 2015/2016.&#xD; &#xD; Menghafal Al-Qur&#x2019;an merupakan suatu proses untuk memelihara, menjaga dan melestarikan kemurnian Al-Qur&#x2019;an yang diturunkan kepada&#xD; Rasulullah SAW. diluar kepala agar tidak terjadi perubahan dan pemalsuan serta&#xD; dapat menjaga dari kelupaan baik secara keseluruhan ataupun sebagainya. &#xD; Fokus penelitian dalam skripsi ini sebagai berikut: 1. Bagaimana proses&#xD; pelaksanaan hafalan Al-Qur&#x2019;an juz 30 yang diwajibkan bagi peserta didik di MI&#xD; Al-Fattah Pecalongan Sukosari Bondowoso? 2. Bagaimana problematika hafalan&#xD; Al-Qur&#x2019;an juz 30 di MI Al-Fattah Pecalongan Sukosari Bondowoso? 3.&#xD; Bagaimana evaluasi hafalan Al-Qur&#x2019;an juz 30 di MI Al-Fattah Pecalongan&#xD; Sukosari Bondowoso?. &#xD; Tujuan penelitian ini diantaranya: 1. Menganalisis proses pelaksanaan&#xD; hafalan Al-Qur&#x2019;an juz 30 yang diwajibkan bagi peserta didik di MI Al-Fattah&#xD; Pecalongan Sukosari Bondowoso 2. Menganalisis problematika hafalan AlQur&#x2019;an&#xD; &#xD; juz 30 di MI Al-Fattah Pecalongan Sukosari Bondowoso 3. Menganalisis&#xD; evaluasi hafalan Al-Qur&#x2019;an juz 30 di MI Al-Fattah Pecalongan Sukosari&#xD; Bondowoso. &#xD; Pendekatan penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif. Jenis&#xD; penelitian field research, penentuan subyek penelitian menggunakan purposive,&#xD; teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.&#xD; Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.&#xD; Keabsahan data dengan triangulasi sumber dan metode. &#xD; Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Proses pelaksanaan&#xD; hafalan Al-Qur&#x2019;an juz 30 (juz &#x2018;amma) sebagai kewajiban bagi peserta didik di&#xD; Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Fattah Pecalongan yaitu dilaksanakan setiap hari&#xD; sebelum materi dimulai, dibagi menjadi 3 kelompok, diikuti oleh setiap masingmasing&#xD; &#xD; pembimbing hafalan Al-Qur&#x2019;an juz 30 (juz &#x2018;amma), dan penyetoran&#xD; hafalan dilaksanakan seminggu dua kali pada jam-jam istirahat dan sesudah sholat&#xD; dhuhur berjama&#x2019;ah. Metode yang digunakan dalam hafalan Al-Qur&#x2019;an juz 30 (juz&#xD; &#x2018;amma) yaitu a. Metode Jama&#x2019;i yaitu hafalan bersama-sama dengan cara peserta&#xD; didik mendengarkan dan mengikuti bacaan guru pembimbing, b. Setelah metode&#xD; jama&#x2019;i selesai peserta didik menghafal dengan cara individu atau menghafal&#xD; sendiri, c. Dilanjutkan dengan menugaskan peserta didik untuk menghafal di&#xD; rumahnya masing-masing. 2. Problematika hafalan Al-Qur&#x2019;an juz 30 (juz &#x2018;amma)&#xD; sebagai kewajiban bagi peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Fattah&#xD; Pecalongan yaitu a. Tempat ngaji /latar belakang pendidikan, b. Tingkat IQ, c.&#xD; Keterbatasan waktu /ruang, d. Dukungan orang tua kurang maksimal dan e. Pengaruh lingkungan karena banyaknya permainan. 3. Evaluasi hafalan Al-Qur&#x2019;an&#xD; juz 30 (juz &#x2018;amma) sebagai kewajiban bagi peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Fattah Pecalongan yaitu dengan cara tes hafalan, tes tertulis dan imla&#x2019;</description><date>2016-03</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-jember.ac.id/97/1/persembahan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-jember.ac.id/97/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-jember.ac.id/97/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-jember.ac.id/97/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-jember.ac.id/97/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-jember.ac.id/97/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-jember.ac.id/97/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> SITI KHUZAINIYAH, 084 111 033 (2016) HAFALAN AL-QUR&#x2019;AN JUZ 30 (JUZ &#x2018;AMMA) SEBAGAI KEWAJIBAN BAGI PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL-FATTAH PECALONGAN SUKOSARI BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER. </identifier><recordID>97</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Document:ArchiveItem
Document
author SITI KHUZAINIYAH, 084 111 033
title HAFALAN AL-QUR’AN JUZ 30 (JUZ ‘AMMA) SEBAGAI KEWAJIBAN BAGI PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL-FATTAH PECALONGAN SUKOSARI BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2015/2016
publishDate 2016
topic 130105 Primary Education
130211 Religion Curriculum and Pedagogy
url http://digilib.iain-jember.ac.id/97/1/persembahan.pdf
http://digilib.iain-jember.ac.id/97/2/BAB%20I.pdf
http://digilib.iain-jember.ac.id/97/3/BAB%20II.pdf
http://digilib.iain-jember.ac.id/97/4/BAB%20III.pdf
http://digilib.iain-jember.ac.id/97/5/BAB%20IV.pdf
http://digilib.iain-jember.ac.id/97/6/BAB%20V.pdf
http://digilib.iain-jember.ac.id/97/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.iain-jember.ac.id/97/
contents Siti Khuzainiyah, 2016: Hafalan Al-Qur‟an Juz 30 (Juz „Amma) sebagai Kewajiban bagi Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Fattah Pecalongan Sukosari Bondowoso Tahun Pelajaran 2015/2016. Menghafal Al-Qur’an merupakan suatu proses untuk memelihara, menjaga dan melestarikan kemurnian Al-Qur’an yang diturunkan kepada Rasulullah SAW. diluar kepala agar tidak terjadi perubahan dan pemalsuan serta dapat menjaga dari kelupaan baik secara keseluruhan ataupun sebagainya. Fokus penelitian dalam skripsi ini sebagai berikut: 1. Bagaimana proses pelaksanaan hafalan Al-Qur’an juz 30 yang diwajibkan bagi peserta didik di MI Al-Fattah Pecalongan Sukosari Bondowoso? 2. Bagaimana problematika hafalan Al-Qur’an juz 30 di MI Al-Fattah Pecalongan Sukosari Bondowoso? 3. Bagaimana evaluasi hafalan Al-Qur’an juz 30 di MI Al-Fattah Pecalongan Sukosari Bondowoso?. Tujuan penelitian ini diantaranya: 1. Menganalisis proses pelaksanaan hafalan Al-Qur’an juz 30 yang diwajibkan bagi peserta didik di MI Al-Fattah Pecalongan Sukosari Bondowoso 2. Menganalisis problematika hafalan AlQur’an juz 30 di MI Al-Fattah Pecalongan Sukosari Bondowoso 3. Menganalisis evaluasi hafalan Al-Qur’an juz 30 di MI Al-Fattah Pecalongan Sukosari Bondowoso. Pendekatan penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian field research, penentuan subyek penelitian menggunakan purposive, teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data dengan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Proses pelaksanaan hafalan Al-Qur’an juz 30 (juz ‘amma) sebagai kewajiban bagi peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Fattah Pecalongan yaitu dilaksanakan setiap hari sebelum materi dimulai, dibagi menjadi 3 kelompok, diikuti oleh setiap masingmasing pembimbing hafalan Al-Qur’an juz 30 (juz ‘amma), dan penyetoran hafalan dilaksanakan seminggu dua kali pada jam-jam istirahat dan sesudah sholat dhuhur berjama’ah. Metode yang digunakan dalam hafalan Al-Qur’an juz 30 (juz ‘amma) yaitu a. Metode Jama’i yaitu hafalan bersama-sama dengan cara peserta didik mendengarkan dan mengikuti bacaan guru pembimbing, b. Setelah metode jama’i selesai peserta didik menghafal dengan cara individu atau menghafal sendiri, c. Dilanjutkan dengan menugaskan peserta didik untuk menghafal di rumahnya masing-masing. 2. Problematika hafalan Al-Qur’an juz 30 (juz ‘amma) sebagai kewajiban bagi peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Fattah Pecalongan yaitu a. Tempat ngaji /latar belakang pendidikan, b. Tingkat IQ, c. Keterbatasan waktu /ruang, d. Dukungan orang tua kurang maksimal dan e. Pengaruh lingkungan karena banyaknya permainan. 3. Evaluasi hafalan Al-Qur’an juz 30 (juz ‘amma) sebagai kewajiban bagi peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Fattah Pecalongan yaitu dengan cara tes hafalan, tes tertulis dan imla’
id IOS6271.97
institution Institut Agama Islam Negeri Jember
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 965
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Pusat IAIN Jember
library_id 1936
collection Digital Library IAIN Jember
repository_id 6271
subject_area Islam/Agama Islam
city JEMBER
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6271
first_indexed 2018-10-19T06:25:26Z
last_indexed 2018-10-19T06:25:26Z
recordtype dc
_version_ 1686408306693767168
score 17.538404