HAFALAN AL-QUR’AN JUZ 30 (JUZ ‘AMMA) SEBAGAI KEWAJIBAN BAGI PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL-FATTAH PECALONGAN SUKOSARI BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Main Author: | SITI KHUZAINIYAH, 084 111 033 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book ArchiveItem |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.iain-jember.ac.id/97/1/persembahan.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/97/2/BAB%20I.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/97/3/BAB%20II.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/97/4/BAB%20III.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/97/5/BAB%20IV.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/97/6/BAB%20V.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/97/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/97/ |
ctrlnum |
97 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.iain-jember.ac.id/97/</relation><title>HAFALAN AL-QUR’AN JUZ 30 (JUZ ‘AMMA) SEBAGAI KEWAJIBAN
BAGI PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL-FATTAH 
PECALONGAN SUKOSARI BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2015/2016</title><creator>SITI KHUZAINIYAH, 084 111 033</creator><subject>130105 Primary Education</subject><subject>130211 Religion Curriculum and Pedagogy</subject><description>Siti Khuzainiyah, 2016: Hafalan Al-Qur‟an Juz 30 (Juz „Amma) sebagai Kewajiban bagi Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Fattah Pecalongan Sukosari Bondowoso Tahun Pelajaran 2015/2016.

Menghafal Al-Qur’an merupakan suatu proses untuk memelihara, menjaga dan melestarikan kemurnian Al-Qur’an yang diturunkan kepada
Rasulullah SAW. diluar kepala agar tidak terjadi perubahan dan pemalsuan serta
dapat menjaga dari kelupaan baik secara keseluruhan ataupun sebagainya. 
Fokus penelitian dalam skripsi ini sebagai berikut: 1. Bagaimana proses
pelaksanaan hafalan Al-Qur’an juz 30 yang diwajibkan bagi peserta didik di MI
Al-Fattah Pecalongan Sukosari Bondowoso? 2. Bagaimana problematika hafalan
Al-Qur’an juz 30 di MI Al-Fattah Pecalongan Sukosari Bondowoso? 3.
Bagaimana evaluasi hafalan Al-Qur’an juz 30 di MI Al-Fattah Pecalongan
Sukosari Bondowoso?. 
Tujuan penelitian ini diantaranya: 1. Menganalisis proses pelaksanaan
hafalan Al-Qur’an juz 30 yang diwajibkan bagi peserta didik di MI Al-Fattah
Pecalongan Sukosari Bondowoso 2. Menganalisis problematika hafalan AlQur’an

juz 30 di MI Al-Fattah Pecalongan Sukosari Bondowoso 3. Menganalisis
evaluasi hafalan Al-Qur’an juz 30 di MI Al-Fattah Pecalongan Sukosari
Bondowoso. 
Pendekatan penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif. Jenis
penelitian field research, penentuan subyek penelitian menggunakan purposive,
teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Keabsahan data dengan triangulasi sumber dan metode. 
Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Proses pelaksanaan
hafalan Al-Qur’an juz 30 (juz ‘amma) sebagai kewajiban bagi peserta didik di
Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Fattah Pecalongan yaitu dilaksanakan setiap hari
sebelum materi dimulai, dibagi menjadi 3 kelompok, diikuti oleh setiap masingmasing

pembimbing hafalan Al-Qur’an juz 30 (juz ‘amma), dan penyetoran
hafalan dilaksanakan seminggu dua kali pada jam-jam istirahat dan sesudah sholat
dhuhur berjama’ah. Metode yang digunakan dalam hafalan Al-Qur’an juz 30 (juz
‘amma) yaitu a. Metode Jama’i yaitu hafalan bersama-sama dengan cara peserta
didik mendengarkan dan mengikuti bacaan guru pembimbing, b. Setelah metode
jama’i selesai peserta didik menghafal dengan cara individu atau menghafal
sendiri, c. Dilanjutkan dengan menugaskan peserta didik untuk menghafal di
rumahnya masing-masing. 2. Problematika hafalan Al-Qur’an juz 30 (juz ‘amma)
sebagai kewajiban bagi peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Fattah
Pecalongan yaitu a. Tempat ngaji /latar belakang pendidikan, b. Tingkat IQ, c.
Keterbatasan waktu /ruang, d. Dukungan orang tua kurang maksimal dan e. Pengaruh lingkungan karena banyaknya permainan. 3. Evaluasi hafalan Al-Qur’an
juz 30 (juz ‘amma) sebagai kewajiban bagi peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Fattah Pecalongan yaitu dengan cara tes hafalan, tes tertulis dan imla’</description><date>2016-03</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-jember.ac.id/97/1/persembahan.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-jember.ac.id/97/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-jember.ac.id/97/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-jember.ac.id/97/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-jember.ac.id/97/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-jember.ac.id/97/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-jember.ac.id/97/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> SITI KHUZAINIYAH, 084 111 033 (2016) HAFALAN AL-QUR’AN JUZ 30 (JUZ ‘AMMA) SEBAGAI KEWAJIBAN BAGI PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL-FATTAH PECALONGAN SUKOSARI BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER. </identifier><recordID>97</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book Document:ArchiveItem Document |
author |
SITI KHUZAINIYAH, 084 111 033 |
title |
HAFALAN AL-QUR’AN JUZ 30 (JUZ ‘AMMA) SEBAGAI KEWAJIBAN
BAGI PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) AL-FATTAH
PECALONGAN SUKOSARI BONDOWOSO TAHUN PELAJARAN 2015/2016 |
publishDate |
2016 |
topic |
130105 Primary Education 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
url |
http://digilib.iain-jember.ac.id/97/1/persembahan.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/97/2/BAB%20I.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/97/3/BAB%20II.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/97/4/BAB%20III.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/97/5/BAB%20IV.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/97/6/BAB%20V.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/97/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/97/ |
contents |
Siti Khuzainiyah, 2016: Hafalan Al-Qur‟an Juz 30 (Juz „Amma) sebagai Kewajiban bagi Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Fattah Pecalongan Sukosari Bondowoso Tahun Pelajaran 2015/2016.
Menghafal Al-Qur’an merupakan suatu proses untuk memelihara, menjaga dan melestarikan kemurnian Al-Qur’an yang diturunkan kepada
Rasulullah SAW. diluar kepala agar tidak terjadi perubahan dan pemalsuan serta
dapat menjaga dari kelupaan baik secara keseluruhan ataupun sebagainya.
Fokus penelitian dalam skripsi ini sebagai berikut: 1. Bagaimana proses
pelaksanaan hafalan Al-Qur’an juz 30 yang diwajibkan bagi peserta didik di MI
Al-Fattah Pecalongan Sukosari Bondowoso? 2. Bagaimana problematika hafalan
Al-Qur’an juz 30 di MI Al-Fattah Pecalongan Sukosari Bondowoso? 3.
Bagaimana evaluasi hafalan Al-Qur’an juz 30 di MI Al-Fattah Pecalongan
Sukosari Bondowoso?.
Tujuan penelitian ini diantaranya: 1. Menganalisis proses pelaksanaan
hafalan Al-Qur’an juz 30 yang diwajibkan bagi peserta didik di MI Al-Fattah
Pecalongan Sukosari Bondowoso 2. Menganalisis problematika hafalan AlQur’an
juz 30 di MI Al-Fattah Pecalongan Sukosari Bondowoso 3. Menganalisis
evaluasi hafalan Al-Qur’an juz 30 di MI Al-Fattah Pecalongan Sukosari
Bondowoso.
Pendekatan penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif. Jenis
penelitian field research, penentuan subyek penelitian menggunakan purposive,
teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Keabsahan data dengan triangulasi sumber dan metode.
Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Proses pelaksanaan
hafalan Al-Qur’an juz 30 (juz ‘amma) sebagai kewajiban bagi peserta didik di
Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Fattah Pecalongan yaitu dilaksanakan setiap hari
sebelum materi dimulai, dibagi menjadi 3 kelompok, diikuti oleh setiap masingmasing
pembimbing hafalan Al-Qur’an juz 30 (juz ‘amma), dan penyetoran
hafalan dilaksanakan seminggu dua kali pada jam-jam istirahat dan sesudah sholat
dhuhur berjama’ah. Metode yang digunakan dalam hafalan Al-Qur’an juz 30 (juz
‘amma) yaitu a. Metode Jama’i yaitu hafalan bersama-sama dengan cara peserta
didik mendengarkan dan mengikuti bacaan guru pembimbing, b. Setelah metode
jama’i selesai peserta didik menghafal dengan cara individu atau menghafal
sendiri, c. Dilanjutkan dengan menugaskan peserta didik untuk menghafal di
rumahnya masing-masing. 2. Problematika hafalan Al-Qur’an juz 30 (juz ‘amma)
sebagai kewajiban bagi peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Fattah
Pecalongan yaitu a. Tempat ngaji /latar belakang pendidikan, b. Tingkat IQ, c.
Keterbatasan waktu /ruang, d. Dukungan orang tua kurang maksimal dan e. Pengaruh lingkungan karena banyaknya permainan. 3. Evaluasi hafalan Al-Qur’an
juz 30 (juz ‘amma) sebagai kewajiban bagi peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Fattah Pecalongan yaitu dengan cara tes hafalan, tes tertulis dan imla’ |
id |
IOS6271.97 |
institution |
Institut Agama Islam Negeri Jember |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
965 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Pusat IAIN Jember |
library_id |
1936 |
collection |
Digital Library IAIN Jember |
repository_id |
6271 |
subject_area |
Islam/Agama Islam |
city |
JEMBER |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS6271 |
first_indexed |
2018-10-19T06:25:26Z |
last_indexed |
2018-10-19T06:25:26Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686408306693767168 |
score |
17.538404 |