Pengaruh model pembelajaran group investigation (GI) dan numbered head together (NHT) terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII pada konsep bangun ruang sisi datar

Main Authors: Hilwah, Bintana Alin, Farihah, Umi
Format: Proceeding PeerReviewed Book ArchiveItem
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.iain-jember.ac.id/512/1/Pengaruh%20model%20pembelajaran%20group%20investigation%20%28GI%29%20dan%20numbered%20head%20together%20%28NHT%29%20terhadap%20kemampuan%20berpikir%20kritis%20matematis%20siswa%20kelas%20VIII%20pada%20konsep%20bangun%20ruang%20sisi%20datar.pdf
http://digilib.iain-jember.ac.id/512/
http://research-report.umm.ac.id/index.php/semnasmat/article/view/2915
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran GI dan NHT terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII pada Konsep Bangun Ruang Sisi Datar di SMP Negeri 1 Tamanan tahun pelajaran 2018/2019. Model pembelajaran GI dan NHT merupakan model pembelajaran kooperatif yang menempatkan siswa ke dalam kelompok dengan nomor kepala yang berbeda untuk melakukan investigasi terhadap suaatu topik. Metode penelitian yang digunakan adalah true-experimental dengan rancangan penelitian design two group pretest posttest design. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes, pretest untuk mengukur kemampuan awal dan posttest digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa setelah diberikan perlakuan. Analisis data yang digunakan adalah Independent Sample t-test dengan uji prasyarat uji normalitas dan homogenitas.