METODE PEMBELAJARAN UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS LAFADZ AL-QURAN DI SMP AL-FURQAN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017
ctrlnum |
195 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.iain-jember.ac.id/195/</relation><title>METODE PEMBELAJARAN UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN 
MEMBACA DAN MENULIS LAFADZ AL-QURAN DI SMP AL-FURQAN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017</title><creator>SITTI MASTUROH, 084121188</creator><subject>130211 Religion Curriculum and Pedagogy</subject><description>Sitti Masturoh, 2017 : Metode Pembelajaran Ummi dalam Meningkatkan
kemampuan Membaca dan Menulis Lafadz Al-qur’an di SMP Al-furqan Jember
Tahun Pelajaran 2016/2017.

Skripsi ini dilatar belakangi oleh Keterampilan membaca al-qur’an atau lebih 
dikenal dengan istilah mengaji, oleh karena itu di dalam membaca al-qur'an dituntut 
untuk mengetahui hal-hal yang berkenaan dengan cara membaca al-qur'an yang 
meliputi penguasaan terhadap ilmu tajwid, gharib atau musykilat dan makharijul
huruf. Hal ini dilakukan karena semata-mata untuk menghindari kesalahan-kesalahan
yang menjurus pada perubahan arti dan maksud pada ayat tersebut. 
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana implementasi
metode ummi dalam meningkakan kemampuan membaca al-qur’an di SMP Alfurqan
Jember
Tahun
Pelajaran
2016/2017?
(2)
Bagaimana
implementasi
metode

ummi

dalam meningkakan kemampuan menghafal al-qur’an di SMP Al-furqan
Jember 2016/2017? (3) Bagaimana implementasi metode ummi dalam memahami
kaidah tajwid di SMP Al-furqan Jember 2016/2017?? (4) Bagaimana implementasi
metode ummi dalam meningkatkan kemampuan menulis lafadz al-qur’an di SMP
Al-furqan Jember 2016/2017? 
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan subyek
penelitian adalah kepala sekolah, guru al-qur’an dan siswa-siswi SMP Al-furqan,
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Metode analisa data yang digunakan yaitu dengan
reduksi data, data display, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya
menggunakan triangulasi sumber dan teknik. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) implementasi metode ummi dalam
pembelajaran al-qur’an sudah ditentukan dengan waktu oleh lembaga tersebut (2)
implementasi metode menghafal al-qur’an menggunakan metode takrir (3)
implementasi kaidah tajwid dalam pembelajaran alqur’an di mana siswa di suruh baca
satu persatu dan dilanjutkan mencari hukum bacaan yang ada di dalam ayat tersebut
(4) implementasi menulis huruf hijaiyah dalam pembelajaran al-qur’an dilaksanakan
disela-sela waktu menghafal al-qur’an dan diajarkan turjuman</description><date>2016-08</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-jember.ac.id/195/1/1.%20COVER%20dalam.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-jember.ac.id/195/2/viii.%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-jember.ac.id/195/3/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-jember.ac.id/195/4/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-jember.ac.id/195/5/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-jember.ac.id/195/6/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-jember.ac.id/195/7/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-jember.ac.id/195/8/DAFTAR%20PUSTAKA%20.pdf</identifier><identifier> SITTI MASTUROH, 084121188 (2016) METODE PEMBELAJARAN UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS LAFADZ AL-QURAN DI SMP AL-FURQAN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER. </identifier><recordID>195</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book Document:ArchiveItem Document |
author |
SITTI MASTUROH, 084121188 |
title |
METODE PEMBELAJARAN UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN
MEMBACA DAN MENULIS LAFADZ AL-QURAN DI SMP AL-FURQAN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017 |
publishDate |
2016 |
topic |
130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
url |
http://digilib.iain-jember.ac.id/195/1/1.%20COVER%20dalam.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/195/2/viii.%20ABSTRAK.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/195/3/BAB%20I.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/195/4/BAB%20II.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/195/5/BAB%20III.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/195/6/BAB%20IV.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/195/7/BAB%20V.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/195/8/DAFTAR%20PUSTAKA%20.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/195/ |
contents |
Sitti Masturoh, 2017 : Metode Pembelajaran Ummi dalam Meningkatkan
kemampuan Membaca dan Menulis Lafadz Al-qur’an di SMP Al-furqan Jember
Tahun Pelajaran 2016/2017.
Skripsi ini dilatar belakangi oleh Keterampilan membaca al-qur’an atau lebih
dikenal dengan istilah mengaji, oleh karena itu di dalam membaca al-qur'an dituntut
untuk mengetahui hal-hal yang berkenaan dengan cara membaca al-qur'an yang
meliputi penguasaan terhadap ilmu tajwid, gharib atau musykilat dan makharijul
huruf. Hal ini dilakukan karena semata-mata untuk menghindari kesalahan-kesalahan
yang menjurus pada perubahan arti dan maksud pada ayat tersebut.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana implementasi
metode ummi dalam meningkakan kemampuan membaca al-qur’an di SMP Alfurqan
Jember
Tahun
Pelajaran
2016/2017?
(2)
Bagaimana
implementasi
metode
ummi
dalam meningkakan kemampuan menghafal al-qur’an di SMP Al-furqan
Jember 2016/2017? (3) Bagaimana implementasi metode ummi dalam memahami
kaidah tajwid di SMP Al-furqan Jember 2016/2017?? (4) Bagaimana implementasi
metode ummi dalam meningkatkan kemampuan menulis lafadz al-qur’an di SMP
Al-furqan Jember 2016/2017?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan subyek
penelitian adalah kepala sekolah, guru al-qur’an dan siswa-siswi SMP Al-furqan,
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Metode analisa data yang digunakan yaitu dengan
reduksi data, data display, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya
menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) implementasi metode ummi dalam
pembelajaran al-qur’an sudah ditentukan dengan waktu oleh lembaga tersebut (2)
implementasi metode menghafal al-qur’an menggunakan metode takrir (3)
implementasi kaidah tajwid dalam pembelajaran alqur’an di mana siswa di suruh baca
satu persatu dan dilanjutkan mencari hukum bacaan yang ada di dalam ayat tersebut
(4) implementasi menulis huruf hijaiyah dalam pembelajaran al-qur’an dilaksanakan
disela-sela waktu menghafal al-qur’an dan diajarkan turjuman |
id |
IOS6271.195 |
institution |
Institut Agama Islam Negeri Jember |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
965 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Pusat IAIN Jember |
library_id |
1936 |
collection |
Digital Library IAIN Jember |
repository_id |
6271 |
subject_area |
Islam/Agama Islam |
city |
JEMBER |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS6271 |
first_indexed |
2018-10-19T06:25:29Z |
last_indexed |
2018-10-19T06:25:29Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686408307435110400 |
score |
17.538404 |