PERAN GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL PADA ANAK USIA DINI DI TK MADINATUL ULUM DESA CANGKRING KECAMATAN JENGGAWAH TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Main Author: | SITI NURJANNAH, 084 116 026 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book ArchiveItem |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.iain-jember.ac.id/193/1/AWAL%20Hal%20i%20.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/193/2/BAB%20I.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/193/3/BAB%20II.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/193/4/BAB%20III.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/193/5/BAB%20IV.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/193/6/BAB%20V.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/193/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/193/ |
Daftar Isi:
- Siti Nurjannah, 2015. Peran Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Agama dan Moral Pada Anak Usia Dini di TK Madinatul Ulum Desa Cangkring Kecamatan Jenggawah Tahun Pelajaran 2015/2016 Usia dini merupakan masa keemasan (golden age) yang hanya terjadi satu kali dalam perkembangan kehidupan manusia. Masa ini sekaligus merupakan masa yang kritis dalam perkembangan anak. Jika pada masa ini anak kurang mendapat perhatian dalam hal pendidikan, perawatan, dan layanan kesehatan serta kebutuhan gizinya dikhawatirkan anak tidak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Untuk dapat berkembang secara optimal diperlukan bimbingan, pengajaran dan pendidikan dari guru. Guru diharapkan dapat mendidik Agama dan Moral siswa, guru tidak hanya cukup memberikan pengetahuan saja pada siswa, tetapi juga memberikan contoh yang baik bagi siswanya. Fokus dalam penelitian ini adalah: bagaimana peran guru dalam menanamkan nilai-nilai Agama dan Moral pada anak usia dini di TK Madinatul Ulum Desa Cangkring Kecamatan Jenggawah tahun pelajaran 2015/2016?. Sub fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peran guru sebagai pembimbing dalam menanamkan nilai-nilai Agama dan Moral pada anak usia dini di TK Madinatul Ulum?,2) Bagaimana peran guru sebagai pengajar dalam menanamkan nilai-nilai Agama dan Moral pada anak usia dini di TK Madinatul Ulum? dan 3) Bagaimana peran guru sebagai pendidik dalam menanamkan nilai-nilai Agama dan Moral pada anak usia dini di TK Madinatul Ulum? Tujuan penelitian ini adalah: mendeskripsikan peran guru dalam menanamkan nilai-nilai Agama dan Moral pada anak usia dini di Tk Madinatul Ulum Desa Cangkring Kecamatan Jenggawah tahun pelajaran 2015/2016. Tujuan khusus adalah: 1) Mendeskripsikan peran guru sebagai pembimbing dalam menanamkan nilai-nilai Agama dan Moral pada anak usia dini di TK Madinatul Ulum, 2) Mendeskripsikan peran guru sebagai pengajar dalam menanamkan nilai-nilai Agama dan Moral pada anak usia dini di TK Madinatul Ulum dan 3) Mendeskripsikan peran guru sebagai pendidik dalam menanamkan nilai-nilai Agama dan Moral pada anak usia dini di TK Madinatul Ulum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk mengumpulkan data digunakan metode observasi, interview dan dokumenter. Analisis data menggunakan analisis kualitatif deskriptif, dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian antara lain:1) Peran guru sebagai pembimbing dalam menanamkan nilai-nilai agama dan moral dilakukan dengan pemberian bimbingan, arahan dan nasehat secara terus menerus, membimbing dan membantu anak didik agar dapat melaksanakan gerakan wudhu dan sholat dengan benar. 2) Peran guru sebagai pengajar dalam menanamkan nilai-nilai agama dan moral dilakukan dengan menyusun rencana pembelajaran, menguasai materi, menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi dan mengelola kelas dengan baik. 3) Peran guru sebagai pendidik dalam menanamkan nilai-nilai agama dan moral dilakukan dengan memberikan contoh dan teladan yang baik