ctrlnum 193
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.iain-jember.ac.id/193/</relation><title>PERAN GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AGAMA &#xD; DAN MORAL PADA ANAK USIA DINI DI TK MADINATUL ULUM &#xD; DESA CANGKRING KECAMATAN JENGGAWAH &#xD; TAHUN PELAJARAN 2015/2016</title><creator>SITI NURJANNAH, 084 116 026</creator><subject>130102 Early Childhood Education</subject><subject>130211 Religion Curriculum and Pedagogy</subject><subject>130304 Educational Administration, Management and Leadership</subject><description>Siti Nurjannah, 2015. Peran Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Agama dan&#xD; Moral Pada Anak Usia Dini di TK Madinatul Ulum Desa Cangkring Kecamatan&#xD; Jenggawah Tahun Pelajaran 2015/2016 &#xD; &#xD; Usia dini merupakan masa keemasan (golden age) yang hanya terjadi &#xD; satu kali dalam perkembangan kehidupan manusia. Masa ini sekaligus merupakan&#xD; masa yang kritis dalam perkembangan anak. Jika pada masa ini anak kurang&#xD; mendapat perhatian dalam hal pendidikan, perawatan, dan layanan kesehatan serta&#xD; kebutuhan gizinya dikhawatirkan anak tidak dapat tumbuh dan berkembang secara&#xD; optimal. Untuk dapat berkembang secara optimal diperlukan bimbingan,&#xD; pengajaran dan pendidikan dari guru. Guru diharapkan dapat mendidik Agama&#xD; dan Moral siswa, guru tidak hanya cukup memberikan pengetahuan saja pada &#xD; siswa, tetapi juga memberikan contoh yang baik bagi siswanya.&#xD; Fokus dalam penelitian ini adalah: bagaimana peran guru dalam &#xD; menanamkan nilai-nilai Agama dan Moral pada anak usia dini di TK Madinatul&#xD; Ulum Desa Cangkring Kecamatan Jenggawah tahun pelajaran 2015/2016?. Sub&#xD; fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peran guru sebagai pembimbing dalam&#xD; menanamkan nilai-nilai Agama dan Moral pada anak usia dini di TK Madinatul&#xD; Ulum?,2) Bagaimana peran guru sebagai pengajar dalam menanamkan nilai-nilai&#xD; Agama dan Moral pada anak usia dini di TK Madinatul Ulum? dan 3) Bagaimana&#xD; peran guru sebagai pendidik dalam menanamkan nilai-nilai Agama dan Moral&#xD; pada anak usia dini di TK Madinatul Ulum? Tujuan penelitian ini adalah:&#xD; mendeskripsikan peran guru dalam menanamkan nilai-nilai Agama dan Moral&#xD; pada anak usia dini di Tk Madinatul Ulum Desa Cangkring Kecamatan&#xD; Jenggawah tahun pelajaran 2015/2016. Tujuan khusus adalah: 1)&#xD; Mendeskripsikan peran guru sebagai pembimbing dalam menanamkan nilai-nilai&#xD; Agama dan Moral pada anak usia dini di TK Madinatul Ulum, 2)&#xD; Mendeskripsikan peran guru sebagai pengajar dalam menanamkan nilai-nilai&#xD; Agama dan Moral pada anak usia dini di TK Madinatul Ulum dan 3)&#xD; Mendeskripsikan peran guru sebagai pendidik dalam menanamkan nilai-nilai&#xD; Agama dan Moral pada anak usia dini di TK Madinatul Ulum. &#xD; Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk mengumpulkan&#xD; data digunakan metode observasi, interview dan dokumenter. Analisis data&#xD; menggunakan analisis kualitatif deskriptif, dan keabsahan data menggunakan&#xD; triangulasi sumber. &#xD; Hasil penelitian antara lain:1) Peran guru sebagai pembimbing dalam&#xD; menanamkan nilai-nilai agama dan moral dilakukan dengan pemberian&#xD; bimbingan, arahan dan nasehat secara terus menerus, membimbing dan membantu&#xD; anak didik agar dapat melaksanakan gerakan wudhu dan sholat dengan benar. 2)&#xD; Peran guru sebagai pengajar dalam menanamkan nilai-nilai agama dan moral&#xD; dilakukan dengan menyusun rencana pembelajaran, menguasai materi, &#xD; menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi dan mengelola kelas dengan&#xD; baik. 3) Peran guru sebagai pendidik dalam menanamkan nilai-nilai agama dan&#xD; moral dilakukan dengan memberikan contoh dan teladan yang baik</description><date>2015-12</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-jember.ac.id/193/1/AWAL%20Hal%20i%20.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-jember.ac.id/193/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-jember.ac.id/193/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-jember.ac.id/193/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-jember.ac.id/193/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-jember.ac.id/193/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-jember.ac.id/193/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> SITI NURJANNAH, 084 116 026 (2015) PERAN GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL PADA ANAK USIA DINI DI TK MADINATUL ULUM DESA CANGKRING KECAMATAN JENGGAWAH TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER. </identifier><recordID>193</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Document:ArchiveItem
Document
author SITI NURJANNAH, 084 116 026
title PERAN GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL PADA ANAK USIA DINI DI TK MADINATUL ULUM DESA CANGKRING KECAMATAN JENGGAWAH TAHUN PELAJARAN 2015/2016
publishDate 2015
topic 130102 Early Childhood Education
130211 Religion Curriculum and Pedagogy
130304 Educational Administration
Management and Leadership
url http://digilib.iain-jember.ac.id/193/1/AWAL%20Hal%20i%20.pdf
http://digilib.iain-jember.ac.id/193/2/BAB%20I.pdf
http://digilib.iain-jember.ac.id/193/3/BAB%20II.pdf
http://digilib.iain-jember.ac.id/193/4/BAB%20III.pdf
http://digilib.iain-jember.ac.id/193/5/BAB%20IV.pdf
http://digilib.iain-jember.ac.id/193/6/BAB%20V.pdf
http://digilib.iain-jember.ac.id/193/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://digilib.iain-jember.ac.id/193/
contents Siti Nurjannah, 2015. Peran Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Agama dan Moral Pada Anak Usia Dini di TK Madinatul Ulum Desa Cangkring Kecamatan Jenggawah Tahun Pelajaran 2015/2016 Usia dini merupakan masa keemasan (golden age) yang hanya terjadi satu kali dalam perkembangan kehidupan manusia. Masa ini sekaligus merupakan masa yang kritis dalam perkembangan anak. Jika pada masa ini anak kurang mendapat perhatian dalam hal pendidikan, perawatan, dan layanan kesehatan serta kebutuhan gizinya dikhawatirkan anak tidak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Untuk dapat berkembang secara optimal diperlukan bimbingan, pengajaran dan pendidikan dari guru. Guru diharapkan dapat mendidik Agama dan Moral siswa, guru tidak hanya cukup memberikan pengetahuan saja pada siswa, tetapi juga memberikan contoh yang baik bagi siswanya. Fokus dalam penelitian ini adalah: bagaimana peran guru dalam menanamkan nilai-nilai Agama dan Moral pada anak usia dini di TK Madinatul Ulum Desa Cangkring Kecamatan Jenggawah tahun pelajaran 2015/2016?. Sub fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peran guru sebagai pembimbing dalam menanamkan nilai-nilai Agama dan Moral pada anak usia dini di TK Madinatul Ulum?,2) Bagaimana peran guru sebagai pengajar dalam menanamkan nilai-nilai Agama dan Moral pada anak usia dini di TK Madinatul Ulum? dan 3) Bagaimana peran guru sebagai pendidik dalam menanamkan nilai-nilai Agama dan Moral pada anak usia dini di TK Madinatul Ulum? Tujuan penelitian ini adalah: mendeskripsikan peran guru dalam menanamkan nilai-nilai Agama dan Moral pada anak usia dini di Tk Madinatul Ulum Desa Cangkring Kecamatan Jenggawah tahun pelajaran 2015/2016. Tujuan khusus adalah: 1) Mendeskripsikan peran guru sebagai pembimbing dalam menanamkan nilai-nilai Agama dan Moral pada anak usia dini di TK Madinatul Ulum, 2) Mendeskripsikan peran guru sebagai pengajar dalam menanamkan nilai-nilai Agama dan Moral pada anak usia dini di TK Madinatul Ulum dan 3) Mendeskripsikan peran guru sebagai pendidik dalam menanamkan nilai-nilai Agama dan Moral pada anak usia dini di TK Madinatul Ulum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk mengumpulkan data digunakan metode observasi, interview dan dokumenter. Analisis data menggunakan analisis kualitatif deskriptif, dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian antara lain:1) Peran guru sebagai pembimbing dalam menanamkan nilai-nilai agama dan moral dilakukan dengan pemberian bimbingan, arahan dan nasehat secara terus menerus, membimbing dan membantu anak didik agar dapat melaksanakan gerakan wudhu dan sholat dengan benar. 2) Peran guru sebagai pengajar dalam menanamkan nilai-nilai agama dan moral dilakukan dengan menyusun rencana pembelajaran, menguasai materi, menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi dan mengelola kelas dengan baik. 3) Peran guru sebagai pendidik dalam menanamkan nilai-nilai agama dan moral dilakukan dengan memberikan contoh dan teladan yang baik
id IOS6271.193
institution Institut Agama Islam Negeri Jember
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 965
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Pusat IAIN Jember
library_id 1936
collection Digital Library IAIN Jember
repository_id 6271
subject_area Islam/Agama Islam
city JEMBER
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6271
first_indexed 2018-10-19T06:25:29Z
last_indexed 2018-10-19T06:25:29Z
recordtype dc
_version_ 1686408307424624640
score 17.538404