PERAN GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL PADA ANAK USIA DINI DI TK MADINATUL ULUM DESA CANGKRING KECAMATAN JENGGAWAH TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Main Author: | SITI NURJANNAH, 084 116 026 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book ArchiveItem |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.iain-jember.ac.id/193/1/AWAL%20Hal%20i%20.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/193/2/BAB%20I.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/193/3/BAB%20II.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/193/4/BAB%20III.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/193/5/BAB%20IV.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/193/6/BAB%20V.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/193/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/193/ |
ctrlnum |
193 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.iain-jember.ac.id/193/</relation><title>PERAN GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AGAMA 
DAN MORAL PADA ANAK USIA DINI DI TK MADINATUL ULUM 
DESA CANGKRING KECAMATAN JENGGAWAH 
TAHUN PELAJARAN 2015/2016</title><creator>SITI NURJANNAH, 084 116 026</creator><subject>130102 Early Childhood Education</subject><subject>130211 Religion Curriculum and Pedagogy</subject><subject>130304 Educational Administration, Management and Leadership</subject><description>Siti Nurjannah, 2015. Peran Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Agama dan
Moral Pada Anak Usia Dini di TK Madinatul Ulum Desa Cangkring Kecamatan
Jenggawah Tahun Pelajaran 2015/2016 

Usia dini merupakan masa keemasan (golden age) yang hanya terjadi 
satu kali dalam perkembangan kehidupan manusia. Masa ini sekaligus merupakan
masa yang kritis dalam perkembangan anak. Jika pada masa ini anak kurang
mendapat perhatian dalam hal pendidikan, perawatan, dan layanan kesehatan serta
kebutuhan gizinya dikhawatirkan anak tidak dapat tumbuh dan berkembang secara
optimal. Untuk dapat berkembang secara optimal diperlukan bimbingan,
pengajaran dan pendidikan dari guru. Guru diharapkan dapat mendidik Agama
dan Moral siswa, guru tidak hanya cukup memberikan pengetahuan saja pada 
siswa, tetapi juga memberikan contoh yang baik bagi siswanya.
Fokus dalam penelitian ini adalah: bagaimana peran guru dalam 
menanamkan nilai-nilai Agama dan Moral pada anak usia dini di TK Madinatul
Ulum Desa Cangkring Kecamatan Jenggawah tahun pelajaran 2015/2016?. Sub
fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peran guru sebagai pembimbing dalam
menanamkan nilai-nilai Agama dan Moral pada anak usia dini di TK Madinatul
Ulum?,2) Bagaimana peran guru sebagai pengajar dalam menanamkan nilai-nilai
Agama dan Moral pada anak usia dini di TK Madinatul Ulum? dan 3) Bagaimana
peran guru sebagai pendidik dalam menanamkan nilai-nilai Agama dan Moral
pada anak usia dini di TK Madinatul Ulum? Tujuan penelitian ini adalah:
mendeskripsikan peran guru dalam menanamkan nilai-nilai Agama dan Moral
pada anak usia dini di Tk Madinatul Ulum Desa Cangkring Kecamatan
Jenggawah tahun pelajaran 2015/2016. Tujuan khusus adalah: 1)
Mendeskripsikan peran guru sebagai pembimbing dalam menanamkan nilai-nilai
Agama dan Moral pada anak usia dini di TK Madinatul Ulum, 2)
Mendeskripsikan peran guru sebagai pengajar dalam menanamkan nilai-nilai
Agama dan Moral pada anak usia dini di TK Madinatul Ulum dan 3)
Mendeskripsikan peran guru sebagai pendidik dalam menanamkan nilai-nilai
Agama dan Moral pada anak usia dini di TK Madinatul Ulum. 
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk mengumpulkan
data digunakan metode observasi, interview dan dokumenter. Analisis data
menggunakan analisis kualitatif deskriptif, dan keabsahan data menggunakan
triangulasi sumber. 
Hasil penelitian antara lain:1) Peran guru sebagai pembimbing dalam
menanamkan nilai-nilai agama dan moral dilakukan dengan pemberian
bimbingan, arahan dan nasehat secara terus menerus, membimbing dan membantu
anak didik agar dapat melaksanakan gerakan wudhu dan sholat dengan benar. 2)
Peran guru sebagai pengajar dalam menanamkan nilai-nilai agama dan moral
dilakukan dengan menyusun rencana pembelajaran, menguasai materi, 
menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi dan mengelola kelas dengan
baik. 3) Peran guru sebagai pendidik dalam menanamkan nilai-nilai agama dan
moral dilakukan dengan memberikan contoh dan teladan yang baik</description><date>2015-12</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-jember.ac.id/193/1/AWAL%20Hal%20i%20.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-jember.ac.id/193/2/BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-jember.ac.id/193/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-jember.ac.id/193/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-jember.ac.id/193/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-jember.ac.id/193/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-jember.ac.id/193/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> SITI NURJANNAH, 084 116 026 (2015) PERAN GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL PADA ANAK USIA DINI DI TK MADINATUL ULUM DESA CANGKRING KECAMATAN JENGGAWAH TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER. </identifier><recordID>193</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book Document:ArchiveItem Document |
author |
SITI NURJANNAH, 084 116 026 |
title |
PERAN GURU DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI AGAMA
DAN MORAL PADA ANAK USIA DINI DI TK MADINATUL ULUM
DESA CANGKRING KECAMATAN JENGGAWAH
TAHUN PELAJARAN 2015/2016 |
publishDate |
2015 |
topic |
130102 Early Childhood Education 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 130304 Educational Administration Management and Leadership |
url |
http://digilib.iain-jember.ac.id/193/1/AWAL%20Hal%20i%20.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/193/2/BAB%20I.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/193/3/BAB%20II.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/193/4/BAB%20III.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/193/5/BAB%20IV.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/193/6/BAB%20V.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/193/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/193/ |
contents |
Siti Nurjannah, 2015. Peran Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Agama dan
Moral Pada Anak Usia Dini di TK Madinatul Ulum Desa Cangkring Kecamatan
Jenggawah Tahun Pelajaran 2015/2016
Usia dini merupakan masa keemasan (golden age) yang hanya terjadi
satu kali dalam perkembangan kehidupan manusia. Masa ini sekaligus merupakan
masa yang kritis dalam perkembangan anak. Jika pada masa ini anak kurang
mendapat perhatian dalam hal pendidikan, perawatan, dan layanan kesehatan serta
kebutuhan gizinya dikhawatirkan anak tidak dapat tumbuh dan berkembang secara
optimal. Untuk dapat berkembang secara optimal diperlukan bimbingan,
pengajaran dan pendidikan dari guru. Guru diharapkan dapat mendidik Agama
dan Moral siswa, guru tidak hanya cukup memberikan pengetahuan saja pada
siswa, tetapi juga memberikan contoh yang baik bagi siswanya.
Fokus dalam penelitian ini adalah: bagaimana peran guru dalam
menanamkan nilai-nilai Agama dan Moral pada anak usia dini di TK Madinatul
Ulum Desa Cangkring Kecamatan Jenggawah tahun pelajaran 2015/2016?. Sub
fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peran guru sebagai pembimbing dalam
menanamkan nilai-nilai Agama dan Moral pada anak usia dini di TK Madinatul
Ulum?,2) Bagaimana peran guru sebagai pengajar dalam menanamkan nilai-nilai
Agama dan Moral pada anak usia dini di TK Madinatul Ulum? dan 3) Bagaimana
peran guru sebagai pendidik dalam menanamkan nilai-nilai Agama dan Moral
pada anak usia dini di TK Madinatul Ulum? Tujuan penelitian ini adalah:
mendeskripsikan peran guru dalam menanamkan nilai-nilai Agama dan Moral
pada anak usia dini di Tk Madinatul Ulum Desa Cangkring Kecamatan
Jenggawah tahun pelajaran 2015/2016. Tujuan khusus adalah: 1)
Mendeskripsikan peran guru sebagai pembimbing dalam menanamkan nilai-nilai
Agama dan Moral pada anak usia dini di TK Madinatul Ulum, 2)
Mendeskripsikan peran guru sebagai pengajar dalam menanamkan nilai-nilai
Agama dan Moral pada anak usia dini di TK Madinatul Ulum dan 3)
Mendeskripsikan peran guru sebagai pendidik dalam menanamkan nilai-nilai
Agama dan Moral pada anak usia dini di TK Madinatul Ulum.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk mengumpulkan
data digunakan metode observasi, interview dan dokumenter. Analisis data
menggunakan analisis kualitatif deskriptif, dan keabsahan data menggunakan
triangulasi sumber.
Hasil penelitian antara lain:1) Peran guru sebagai pembimbing dalam
menanamkan nilai-nilai agama dan moral dilakukan dengan pemberian
bimbingan, arahan dan nasehat secara terus menerus, membimbing dan membantu
anak didik agar dapat melaksanakan gerakan wudhu dan sholat dengan benar. 2)
Peran guru sebagai pengajar dalam menanamkan nilai-nilai agama dan moral
dilakukan dengan menyusun rencana pembelajaran, menguasai materi,
menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi dan mengelola kelas dengan
baik. 3) Peran guru sebagai pendidik dalam menanamkan nilai-nilai agama dan
moral dilakukan dengan memberikan contoh dan teladan yang baik |
id |
IOS6271.193 |
institution |
Institut Agama Islam Negeri Jember |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
965 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Pusat IAIN Jember |
library_id |
1936 |
collection |
Digital Library IAIN Jember |
repository_id |
6271 |
subject_area |
Islam/Agama Islam |
city |
JEMBER |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS6271 |
first_indexed |
2018-10-19T06:25:29Z |
last_indexed |
2018-10-19T06:25:29Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686408307424624640 |
score |
17.538404 |