PENGARUH MUTU LAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI BANK TABUNGAN PENSIUNAN NASIONAL KANTOR CABANG PEMBANTU ROGOJAMPI BANYUWANGI
Daftar Isi:
- ABSTRAK Ida Nurlaeli, 2016 : Pengaruh Mutu Layanan terhadap Kepuasan Nasabah Bank Tabungan Pensiunan Nasional Kantor Cabang Pembantu Rogojampi Banyuwangi Kata Kunci : Mutu Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Penelitian dalam skrispsi ini dilatarbelakangi oleh meningkatnyapersaingan antar nasabah dengan baik dan professional. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu : (1)Apakah Mutu Layanan Berpengaruh yang signifikan Terhadap Kepuasan Nasabah di Bank Tabungan Pensiunan Nasional Kantor Cabang Pembantu Rogojampi Banyuwangi? (2)bagaimana pengaruh mutu layanan terhadap kepuasan nasabah di Bank Tabungan Pensiunan Nasional Kantor Cabang Pembantu Rogojampi Banyuwangi? Tujuan penelitian secara umum ialah untuk menemukan, mengembangkan, maupun koreksi atau menguji kebernaran ilmu pengetahuan yang ada. Data yang diperoleh dari penelitian ini menggunakan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Pada penelitian ini mengunakan metode analisis, uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik , uji regresi sederhana menggunakan uji hipotesis dan uji determinasi. Dari hasil analisis regresi sederhana dapat disimpulkan bahwa, (1)Terdapat pengaruh yang signifikan antara Mutu Layanan terhadap Kepuasan Nasabah di Bank Tabungan Pensiunan Nasional Kantor Cabang Pembantu Rogojampi Banyuwangi . Berdasarkan nilai t hitung pada variabel X adalah 3,102 dan t tabel adalah 1,161 maka t hitung > t tabel atau 3,102 > 1,661 maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya signifikan. Jadi, Mutu Layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah di Bank Tabungan Pensiunan Nasional Kantor Cabang Pembantu Rogojampi Banyuwangi . (2)Hasil dari nilai R = 0,309 dan koefesien Determinasi (R Squere) sebesar 0,096. Koefesien determinasi menunjukkan pengaruh antara variabel X dan Y yang diperoleh 0,096. Jika dapat dikatakan bahwa konstribusi dari variabel X yaitu mutu layanan terhadap variabel Y yaitu kepuasan nasabah adalah 9,6 %. Hal ini menunjukkan tingkat pengaruh. Berdasarkan analisis dan interpretasi di atas dapat disimpulkan bahwa Mutu Layanan berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Nasabah Bank Tabungan Pensiunan Nasional Kantor Cabang Pembantu Rogojampi Banyuwangi