POLA INTERAKSI GURU DAN SISWA SEBAGAI PROSES PENINGKATAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS 2 SD NU 05 HIDAYATUL MURID AMPEL WULUHAN JEMBER
Main Author: | M. NYOTO ARI FEBRIANTO, 084 095 016 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book ArchiveItem |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.iain-jember.ac.id/173/1/cover%20DLL.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/173/2/skripsi%20lengkap.pdf http://digilib.iain-jember.ac.id/173/ |
Daftar Isi:
- M. Nyoto Ari Febrianto, 2015. Pola Interaksi Guru dan Siswa sebagai Proses Peningkatan Kedisiplinan Siswa Kelas 2 SD NU 05 Ampel Wuluhan Jember Pola interaksi adalah bentuk-bentuk dalam proses terjadinya interaksi. Interaksi yang bernilai pendidikan ataupun yang disebut dengan interaksi edukatif, adalah dalam hal seorang guru menghadapi siswa yang merupakan suatu kelompok manusia di dalam kelas. Di dalam interaksi belajar mengajar, hubungan timbal balik antara guru yang bersifat edukatif (mendidik) harus diarahkan pada suatu tujuan tertentu yang bersifat mendidik yaitu adanya perubahan tingkah laku siswa ke arah kedewasaan. Dalam interaksi belajar mengajar, seorang guru sebagai pengajar akan berusaha secara maksimal dengan menggunakan berbagai ketrampilan dan kemampuannya agar siswa dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Sedangkan kedisiplinan adalah pelatihan batin dan watak dengan maksud supaya segala perbuatannya selalu mentaati tata tertib pada aturan dan tata tertib sekolah. Dari latar belakang di atas, fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana pola interaksi guru dan siswa kelas 2 SD NU 05 Hidayatul Murid Ampel Wuluhan Jember dalam proses peningkatan kedisiplinan? 2) Bagaimana pelaksanaan kedisiplinan siswa kelas 2 SD NU 05 Hidayatul Murid Ampel Wuluhan Jember ? Penelitian ini bertujuan 1) untuk mendeskripsikan pola interaksi guru dan siswa kelas 2 SD NU 05 Hidayatul Murid Ampel Wuluhan Jember dalam proses peningkatan kedisiplinan 2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan kedisiplinan siswa kelas 2 SD NU 05 Hidayatul Murid Ampel Wuluhan Jember. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek penelitiannya menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan datanya memakai observasi, wawancara, dan dokumenter. Dan analisis datanya menggunakan data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Sedangkan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Pola interaksi antara guru dan siswa sebagai proses peningkatan kedisiplinan siswa kelas 2 SD NU 05 yaitu dengan: (a) kesepakatan, (b) keterbukaan, (c) akomodasi. 2) Pelaksanaan kedisiplinan siswa kelas 2 SD NU 05 Hidayatul Murid Ampel Wuluhan yaitu dengan: (a) membangun kreatifitas siswa, (b) mempertegas tata tertib, (c) pembagian tugas piket.