POLA INTERAKSI GURU DAN SISWA SEBAGAI PROSES PENINGKATAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS 2 SD NU 05 HIDAYATUL MURID AMPEL WULUHAN JEMBER

Main Author: M. NYOTO ARI FEBRIANTO, 084 095 016
Format: Thesis NonPeerReviewed Book ArchiveItem
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://digilib.iain-jember.ac.id/173/1/cover%20DLL.pdf
http://digilib.iain-jember.ac.id/173/2/skripsi%20lengkap.pdf
http://digilib.iain-jember.ac.id/173/
ctrlnum 173
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.iain-jember.ac.id/173/</relation><title>POLA INTERAKSI GURU DAN SISWA SEBAGAI PROSES&#xD; PENINGKATAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS 2 SD NU 05 &#xD; HIDAYATUL MURID AMPEL WULUHAN JEMBER</title><creator>M. NYOTO ARI FEBRIANTO, 084 095 016</creator><subject>130105 Primary Education</subject><subject>130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy</subject><subject>130304 Educational Administration, Management and Leadership</subject><description>M. Nyoto Ari Febrianto, 2015. Pola Interaksi Guru dan Siswa sebagai Proses&#xD; Peningkatan Kedisiplinan Siswa Kelas 2 SD NU 05 Ampel Wuluhan Jember &#xD; Pola interaksi adalah bentuk-bentuk dalam proses terjadinya interaksi.&#xD; Interaksi yang bernilai pendidikan ataupun yang disebut dengan interaksi edukatif,&#xD; adalah dalam hal seorang guru menghadapi siswa yang merupakan suatu&#xD; kelompok manusia di dalam kelas. Di dalam interaksi belajar mengajar, hubungan&#xD; timbal balik antara guru yang bersifat edukatif (mendidik) harus diarahkan pada&#xD; suatu tujuan tertentu yang bersifat mendidik yaitu adanya perubahan tingkah laku&#xD; siswa ke arah kedewasaan. Dalam interaksi belajar mengajar, seorang guru&#xD; sebagai pengajar akan berusaha secara maksimal dengan menggunakan berbagai&#xD; ketrampilan dan kemampuannya agar siswa dapat mencapai tujuan yang&#xD; diharapkan. Sedangkan kedisiplinan adalah pelatihan batin dan watak dengan&#xD; maksud supaya segala perbuatannya selalu mentaati tata tertib pada aturan dan&#xD; tata tertib sekolah. &#xD; Dari latar belakang di atas, fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana pola&#xD; interaksi guru dan siswa kelas 2 SD NU 05 Hidayatul Murid Ampel Wuluhan&#xD; Jember dalam proses peningkatan kedisiplinan? 2) Bagaimana pelaksanaan&#xD; kedisiplinan siswa kelas 2 SD NU 05 Hidayatul Murid Ampel Wuluhan Jember ?&#xD; Penelitian ini bertujuan 1) untuk mendeskripsikan pola interaksi guru dan siswa&#xD; kelas 2 SD NU 05 Hidayatul Murid Ampel Wuluhan Jember dalam proses&#xD; peningkatan kedisiplinan 2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan kedisiplinan&#xD; siswa kelas 2 SD NU 05 Hidayatul Murid Ampel Wuluhan Jember. &#xD; Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif&#xD; dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek penelitiannya menggunakan&#xD; teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan datanya memakai observasi,&#xD; wawancara, dan dokumenter. Dan analisis datanya menggunakan data reduction,&#xD; data display, dan conclusion drawing/verification. Sedangkan keabsahan datanya&#xD; menggunakan triangulasi sumber dan teknik. &#xD; Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Pola interaksi antara guru dan siswa&#xD; sebagai proses peningkatan kedisiplinan siswa kelas 2 SD NU 05 yaitu dengan:&#xD; (a) kesepakatan, (b) keterbukaan, (c) akomodasi. 2) Pelaksanaan kedisiplinan&#xD; siswa kelas 2 SD NU 05 Hidayatul Murid Ampel Wuluhan yaitu dengan: (a)&#xD; membangun kreatifitas siswa, (b) mempertegas tata tertib, (c) pembagian tugas&#xD; piket.</description><date>2015-11</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-jember.ac.id/173/1/cover%20DLL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.iain-jember.ac.id/173/2/skripsi%20lengkap.pdf</identifier><identifier> M. NYOTO ARI FEBRIANTO, 084 095 016 (2015) POLA INTERAKSI GURU DAN SISWA SEBAGAI PROSES PENINGKATAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS 2 SD NU 05 HIDAYATUL MURID AMPEL WULUHAN JEMBER. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER. </identifier><recordID>173</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
Document:ArchiveItem
Document
author M. NYOTO ARI FEBRIANTO, 084 095 016
title POLA INTERAKSI GURU DAN SISWA SEBAGAI PROSES PENINGKATAN KEDISIPLINAN SISWA KELAS 2 SD NU 05 HIDAYATUL MURID AMPEL WULUHAN JEMBER
publishDate 2015
topic 130105 Primary Education
130201 Creative Arts
Media and Communication Curriculum and Pedagogy
130304 Educational Administration
Management and Leadership
url http://digilib.iain-jember.ac.id/173/1/cover%20DLL.pdf
http://digilib.iain-jember.ac.id/173/2/skripsi%20lengkap.pdf
http://digilib.iain-jember.ac.id/173/
contents M. Nyoto Ari Febrianto, 2015. Pola Interaksi Guru dan Siswa sebagai Proses Peningkatan Kedisiplinan Siswa Kelas 2 SD NU 05 Ampel Wuluhan Jember Pola interaksi adalah bentuk-bentuk dalam proses terjadinya interaksi. Interaksi yang bernilai pendidikan ataupun yang disebut dengan interaksi edukatif, adalah dalam hal seorang guru menghadapi siswa yang merupakan suatu kelompok manusia di dalam kelas. Di dalam interaksi belajar mengajar, hubungan timbal balik antara guru yang bersifat edukatif (mendidik) harus diarahkan pada suatu tujuan tertentu yang bersifat mendidik yaitu adanya perubahan tingkah laku siswa ke arah kedewasaan. Dalam interaksi belajar mengajar, seorang guru sebagai pengajar akan berusaha secara maksimal dengan menggunakan berbagai ketrampilan dan kemampuannya agar siswa dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Sedangkan kedisiplinan adalah pelatihan batin dan watak dengan maksud supaya segala perbuatannya selalu mentaati tata tertib pada aturan dan tata tertib sekolah. Dari latar belakang di atas, fokus penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana pola interaksi guru dan siswa kelas 2 SD NU 05 Hidayatul Murid Ampel Wuluhan Jember dalam proses peningkatan kedisiplinan? 2) Bagaimana pelaksanaan kedisiplinan siswa kelas 2 SD NU 05 Hidayatul Murid Ampel Wuluhan Jember ? Penelitian ini bertujuan 1) untuk mendeskripsikan pola interaksi guru dan siswa kelas 2 SD NU 05 Hidayatul Murid Ampel Wuluhan Jember dalam proses peningkatan kedisiplinan 2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan kedisiplinan siswa kelas 2 SD NU 05 Hidayatul Murid Ampel Wuluhan Jember. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek penelitiannya menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan datanya memakai observasi, wawancara, dan dokumenter. Dan analisis datanya menggunakan data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Sedangkan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Pola interaksi antara guru dan siswa sebagai proses peningkatan kedisiplinan siswa kelas 2 SD NU 05 yaitu dengan: (a) kesepakatan, (b) keterbukaan, (c) akomodasi. 2) Pelaksanaan kedisiplinan siswa kelas 2 SD NU 05 Hidayatul Murid Ampel Wuluhan yaitu dengan: (a) membangun kreatifitas siswa, (b) mempertegas tata tertib, (c) pembagian tugas piket.
id IOS6271.173
institution Institut Agama Islam Negeri Jember
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 965
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Pusat IAIN Jember
library_id 1936
collection Digital Library IAIN Jember
repository_id 6271
subject_area Islam/Agama Islam
city JEMBER
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6271
first_indexed 2018-10-19T06:25:29Z
last_indexed 2018-10-19T06:25:29Z
recordtype dc
_version_ 1686408307300892672
score 17.538404