PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs NEGERI 2 MOJOKERTO
Main Author: | Fauziyah, Reny, 51605120031 |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unim.ac.id/2000/1/Abstrak.pdf http://repository.unim.ac.id/2000/2/BAB%201.pdf http://repository.unim.ac.id/2000/3/BAB%202.pdf http://repository.unim.ac.id/2000/4/BAB%203.pdf http://repository.unim.ac.id/2000/5/BAB%204.pdf http://repository.unim.ac.id/2000/6/BAB%205.pdf http://repository.unim.ac.id/2000/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.unim.ac.id/2000/8/LAMPIRAN.pdf http://repository.unim.ac.id/2000/ |
Daftar Isi:
- Saat ini telah terjadi pergeseran pola sistem mengajar yaitu dari pendidik yang mendominasi kelas menjadi pendidik sebagai fasilitator dalam pembelajaran. Pendidik harus mampu menerapkan model pembelajaran yang dapat memotivasi peserta didik dan mengarahkan peserta didik untuk meningkatkan kemampuan yang mereka miliki, salah satunya terkait kemampuan berpikir kritis. Namun pada kenyataannya di madrasah, dalam proses pembelajaran fiqih masih banyak menggunakan model pembelajaran yang monoton. Oleh sebab itu, Sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik perlu dikembangkan model pembelajaran yang tepat, salah satunya model pembelajaran scramble. Merujuk pada permasalahan di atas, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul pengaruh model pembelajaran scramble terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran fiqih di MTs Negeri 2 Mojokerto. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, penulis melakukan penelitian dengan tujuan: 1) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas eksperimen MTs Negeri 2 mojokerto sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran scramble. 2) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas kontrol MTs Negeri 2 Mojokerto sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran konvensional. 3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran scramble terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran fiqih MTs Negeri 2 Mojokerto. Menurut jenisnya, penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data terdiri dari uji prasyarat analisis (uji normalitas, uji homogenitas) dan uji hipotesis. Setelah dilakukan analisis data hasil penelitian, nilai gain score kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 133 untuk kelas eksperimen dan 65 untuk kelas kontrol. Setelah mengetahui nilai gain score, maka dilakukan uji independent sample t test dengan hasil nilai sig (2-tailed) 0,000 dan lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan.