PENGARUH STORE IMAGE, VISUAL MERCHANDISING, DAN SALES PROMOTION TERHADAP CUSTOMER PURCHASE DECISION (STUDI PADA KONSUMEN MATAHARI DEPARTMENT STORE)
Daftar Isi:
- Persaingan bisnis ritel di Indonesia yang semakin kompetitif membuat Matahari Department Store harus menerapkan strategi dalam upaya menarik konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh store image, visual merchandising, dan sales promotion terhadap customer purchase decision secara parsial dan simultan. Metode penelitian menggunakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan kuesioner berupa google form. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Matahari Department Store dengan jumlah yang tidak diketahui. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 138 responden. Analisis data menggunakan uji regresi linier berganda, uji t, dan uji f. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Store image secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer purchase decision sebesar 4,036 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. (2) Visual merchandising secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer purchase decision sebesar 3,619 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. (3) Sales promotion secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer purchase decision sebesar 4,973 dan nilai signifikansi sebesar 0,000. (4) Store image, visual merchandising, dan sales promotion secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer purchase decision di Matahari Department Store sebesar 287,886 dan nilai signifikansi sebesar 0,000.