Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Muko-Muko
Main Author: | Pebrianto, Pebrianto |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9710/7/09050395%20PEBRIANTO_compressed.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9710/1/ABSTRAK1%20%2850%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9710/2/KESIMPULAN%20-%202020-07-23T135721.435.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9710/3/DAFTAR%20PUSTAKA%20-%202020-07-23T135704.248.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9710/ |
Daftar Isi:
- Kesulitan siswa dalam memahami materi bangun ruang sisi datar merupakan salah satu alasan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis web. Faktor lain adalah belum ada media pembelajaran yang efektif yang mampu memfasilitasi siswa dalam belajar. Buku referensi yang ada hanya menyampaikan informasi dan belum mampu membantu siswa memahami konsep. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran yang valid dan praktis pada materi bangun ruang sisi datar untuk siswa kelas VIII. Model pengembangan yang digunakan adalah SDLC (System Development Life Cicle). Model pengembangan terdiri dari 5 tahap yang meliputi : perencanaan (planning), analisis (analyze), perancangan (design), implementasi (implement), pengujian (testing), dan pemeliharaan (maintenance). Penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahap pengujian (testing). Validasi dilakukan oleh 2 orang dosen matematika/TI dan 1 orang guru matematika. Data praktikalitas diambil dengan menggunakan angket dan wawancara. Data dianalisis dengan teknik persentase dan diolah secara deskriptif. Hasil pengujian media pembelajaran berbasis web oleh validator menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis web pada kriteria sangat valid yaitu dengan persentase 86,19 %. Sedangkan hasil uji praktikalitas oleh siswa menunjukkan media pembelajaran berbasis web pada kategori sangat praktis yaitu 87,73 % dan oleh guru 80,95 % (sangat praktis). Jadi disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis web pada materi bangun ruang sisi datar sangat valid dan sangat praktis.