ctrlnum 9710
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9710/</relation><title>Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Muko-Muko</title><creator>Pebrianto, Pebrianto</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Kesulitan siswa dalam memahami materi bangun ruang sisi datar merupakan salah satu alasan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis web. Faktor lain adalah belum ada media pembelajaran yang efektif yang mampu memfasilitasi siswa dalam belajar. Buku referensi yang ada hanya menyampaikan informasi dan belum mampu membantu siswa memahami konsep. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran yang valid dan praktis pada materi bangun ruang sisi datar untuk siswa kelas VIII.&#xD; Model pengembangan yang digunakan adalah SDLC (System Development Life Cicle). Model pengembangan terdiri dari 5 tahap yang meliputi : perencanaan (planning), analisis (analyze), perancangan (design), implementasi (implement), pengujian (testing), dan pemeliharaan (maintenance). Penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahap pengujian (testing). Validasi dilakukan oleh 2 orang dosen matematika/TI dan 1 orang guru matematika. Data praktikalitas diambil dengan menggunakan angket dan wawancara. Data dianalisis dengan teknik persentase dan diolah secara deskriptif.&#xD; Hasil pengujian media pembelajaran berbasis web oleh validator menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis web pada kriteria sangat valid yaitu dengan persentase 86,19 %. Sedangkan hasil uji praktikalitas oleh siswa menunjukkan media pembelajaran berbasis web pada kategori sangat praktis yaitu 87,73 % dan oleh guru 80,95 % (sangat praktis). Jadi disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis web pada materi bangun ruang sisi datar sangat valid dan sangat praktis.</description><date>2015-04-11</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9710/7/09050395%20PEBRIANTO_compressed.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9710/1/ABSTRAK1%20%2850%29.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9710/2/KESIMPULAN%20-%202020-07-23T135721.435.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9710/3/DAFTAR%20PUSTAKA%20-%202020-07-23T135704.248.pdf</identifier><identifier> Pebrianto, Pebrianto (2015) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Muko-Muko. Sarjana thesis, STKIP PGRI Sumatera Barat. </identifier><recordID>9710</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Pebrianto, Pebrianto
title Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Muko-Muko
publishDate 2015
isbn 9782020200721
topic L Education (General)
url http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9710/7/09050395%20PEBRIANTO_compressed.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9710/1/ABSTRAK1%20%2850%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9710/2/KESIMPULAN%20-%202020-07-23T135721.435.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9710/3/DAFTAR%20PUSTAKA%20-%202020-07-23T135704.248.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9710/
contents Kesulitan siswa dalam memahami materi bangun ruang sisi datar merupakan salah satu alasan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis web. Faktor lain adalah belum ada media pembelajaran yang efektif yang mampu memfasilitasi siswa dalam belajar. Buku referensi yang ada hanya menyampaikan informasi dan belum mampu membantu siswa memahami konsep. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran yang valid dan praktis pada materi bangun ruang sisi datar untuk siswa kelas VIII. Model pengembangan yang digunakan adalah SDLC (System Development Life Cicle). Model pengembangan terdiri dari 5 tahap yang meliputi : perencanaan (planning), analisis (analyze), perancangan (design), implementasi (implement), pengujian (testing), dan pemeliharaan (maintenance). Penelitian ini hanya dilakukan sampai pada tahap pengujian (testing). Validasi dilakukan oleh 2 orang dosen matematika/TI dan 1 orang guru matematika. Data praktikalitas diambil dengan menggunakan angket dan wawancara. Data dianalisis dengan teknik persentase dan diolah secara deskriptif. Hasil pengujian media pembelajaran berbasis web oleh validator menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis web pada kriteria sangat valid yaitu dengan persentase 86,19 %. Sedangkan hasil uji praktikalitas oleh siswa menunjukkan media pembelajaran berbasis web pada kategori sangat praktis yaitu 87,73 % dan oleh guru 80,95 % (sangat praktis). Jadi disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis web pada materi bangun ruang sisi datar sangat valid dan sangat praktis.
id IOS6178.9710
institution STKIP PGRI Sumatra Barat
institution_id 169
institution_type library:university
library
library Perpustakaan STKIP PGRI Sumatra Barat
library_id 435
collection Repositori STKIP PGRI Sumatera Barat
repository_id 6178
subject_area Generalities(Karya Umum)
city KOTA PADANG
province SUMATERA BARAT
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS6178
first_indexed 2020-09-26T18:40:40Z
last_indexed 2020-09-26T18:40:40Z
recordtype dc
_version_ 1685976391741341696
score 17.538404