Perbedaan Pemahaman Konsep Matematis Menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone Is A Teacher Here dan Peer Lesson Siswa Kelas VII MTsN Situjuh Batur Kabupaten Lima Puluh Kota

Main Author: Novrita, Novrita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9705/2/10050143%20NOVRITA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9705/1/ABSTRAK%20-%202020-07-23T135033.280.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9705/3/KESIMPULAN%20-%202020-07-23T135116.357.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9705/4/DAFTAR%20PUSTAKA%20-%202020-07-23T135059.507.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9705/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kurang berpartisipasi disaat diskusi dan tidak mau bertanya kepada guru jika mengalami kesulitan dalam belajar serta pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII MTsN Situjuh Batur Kabupaten Lima Puluh Kota dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone Is A Teacher Here dan Peer Lesson. Jenis penelitian adalah eksperimen murni dengan rancangan penelitian Randomized Posttest-Only Comparison Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN Situjuh Batur Kabupaten Lima Puluh Kota yang terdaftar pada tahun pembelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 5 kelas. Teknik pengambilan sampel dipilih secara acak. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VII2 dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone Is A Teacher Here dan kelas VII3 dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Peer Lesson. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir, dengan reliabilitas tes adalah 0,883. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dua pihak. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen pada taraf kepercayaan α (0,05) dan hasil dari uji hipotesis diperoleh P_value = 0,045 artinya lebih kecil dari α (0,05), maka hipotesis penelitian diterima dimana pada kelas eksperimen 1 = 77,63 dan pada kelas eksperimen 2 = 69,12. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone Is A Teacher Here dan Peer Lesson siswa kelas VII MTsN Situjuh Batur Kabupaten Lima Puluh Kota.