Perbedaan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Peer Lesson Disertai Metode Resitasi dan Tanpa Metode Resitasi Siswa Kelas X MIA SMAN 1 Koto Salak Kabupaten Dharmasraya

Main Author: Is, Hardewi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9683/1/10050062%20IS%20HARDEWI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9683/2/ABSTRAK%20-%202020-07-23T113411.706.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9683/3/KESIMPULAN%20-%202020-07-23T113459.586.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9683/4/DAFTAR%20PUSTAKA%20-%202020-07-23T113443.187.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9683/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa masih rendah, karena dalam proses pembelajaran tanggung jawab siswa terhadap tugas yang diberikan masih kurang, siswa tidak berani bertanya kepada guru. Usaha yang dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa adalah melaksanakan pembelajaran aktif tipe peer lesson disertai metode resitasi dan tanpa metode resitasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Peer Lesson di sertai metode Resitasi dan tanpa metode Resitasi siswa kelas X MIA SMAN 1 Koto Salak. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan rancangan penelitian Ramdomized Post Test Only Comparison Group Design. Populasi seluruh siswa kelas X MIA SMAN 1 Koto Salak tahun pelajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel dipilih secara acak, terpilih kelas eksperimen I adalah X MIA1 dan kelas eksperimen II adalah X MIA2. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir pemahaman konsep matematis dalam bentuk esai dengan reliabilitas 0,851. Berdasarkan analisis data diperoleh nilai rata-rata tes akhir pemahaman konsep pada kelas eksperimen I adalah 75,96, sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen II adalah 66,68. Pengujian hipotesis digunakan uji-t dua pihak yang diterima pada tingkat kepercayaan 95%, sehingga diperoleh P-value 0,041 dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe peer lesson disertai metode resitasi dan tanpa metode resitasi siswa kelas X MIA SMAN 1 Koto Salak Kabupaten Dharmasraya.