Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis 1) pengaruh keragaman produk secara parsial terhadap keputusan pembelian, 2) pengaruh word of mouth secara parsial terhadap keputusan pembelian, 3) pengaruh iklan secara parsial terhadap keputusan pembelian, 4) pengaruh potongan harga secara parsial terhadap keputusan pembelian, 5) pengaruh keragaman produk, word of mouth, iklan, potongan harga secara stimultan terhadap keputusan pembelian konsumen Lazada di Kota Padang Sumatera Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini semua masyarakat kota padang Sumatera Barat yang perna berbelanja online di web atau blog Lazada berjumlah 100 sampel. Pengambilan sampel menggunakan teknik kuesioner. Instrumen yang digunakan untuk penelitian berupa angket tertutup dengan digunakan uji Regresi Linear Berganda dan uji hipotesa dengan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara keragaman produk secara parsial terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien 0,345, nilai thitung 7,100>ttabel sebesar 1,985; (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara word of mouth secara parsial terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien 0,497, nilai thitung 6,459>ttabel sebesar 1,985; (3) terdapat pengaruh yang signifikan iklan secara parsial terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien 0,300 nilai thitung 3,993>ttabel sebesar 1,985; (4) terdapat pengaruh yang signifikan potongan harga secara parsial terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien 0,117 dan nilai thitung sebesar 2,698>ttabel sebesar 1,985; (5) terdapat pengaruh yang signifikan antara keragaman produk, word of mouth, iklan, potongan harga secara stimultan terhadap keputusan pembelian dengan Fhitung46,985>Ftabel2,70. Berdasarkan hasil penelitiaan penulis menyarankan kepada konsumen agar mencari informasi lagi tentang potongan harga yang di tawarkan oleh Lazada, yang memberikan kemudahaan pengembaliaan dana kepada konsumen ketika produk yang mereka terima tidak sesuia dengan yang diinginkan. Dan diharapkan kepada konsumen agar lebih mencari informasi proses pembayaran yang sah di aplikasi lazada sehingga untuk proses pengembalian uang bisa dengan mudah dan cepat.