Daftar Isi:
  • Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah Pengaruh kepercayaan konsumen dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen pada PT. MMBC Tour &Travel Cabang Pasaman. Adapun variabel penelitian ini adalah kepercayaan konsumen dan kepuasan konsumen (sebagai variabel bebas) dan loyalitas konsumen (sebagai variabel terikat). Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan, pengaruh kepercayaan konsumen dan kepuasan konsumen secara parsial dan secara bersama-sama terhadap loyalitas konsumen. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan Januari 2015. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif asosiatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen PT. MMBC Tour & Travel Cabang Pasaman. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan jumlah sampel sebanyak 90 orang. Teknik analisis data: analisis deskriptif dan analisis induktif, yaitu uji maximum likelihood, uji ramsey, uji normalitas, uji multikoleniaritas, uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas dan analisis regresi berganda, koefisien determinan (R2) dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kepercayaan konsumen terhadap loyalitas konsumen. Hal ini dibuktikan dari nilai thitung sebesar 2,859 > ttabel sebesar 1,662 dengan nilai signifikan 0,000 nilai sig < α (0,000 < 0,05) Hal ini menunjukkan bahwa Kepercayaan Konsumen berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen PT MMBC Tour & Travel Cabang Pasaman. 2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kepuasan konsumen dengan loyalitas konsumen. Hal ini dibuktikan dari nilai thitung sebesar 4,398 > ttabel sebesar 1,662 dengan nilai sig < α (0,000 < 0,05) Hal ini menunjukkan bahwa kepuasan konsumen berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen PT MMBC Tour & Travel Cabang Pasaman. 3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kepercayaan konsumen dan kepuasan konsumen secara bersama-sama dengan loyalitas konsumen PT. MMBC Tour &Travel Cabang Pasaman. Hal ini dibuktikan dari bahwa nilai Fhitung 62.727 > Ftabel 2,706 nilai sig < α (0,000 < 0,05) Hal ini berarti bahwa semakin tinggi kepercayaan konsumen, kepuasan konsumen, maka akan semakin baik pula loyalitas konsumen, begitu juga sebaliknya apabila kepercayaan konsumen, kepuasan konsumen, tidak baik maka hasil loyalitas konsumen juga tidak akan baik. Berdasarkan hasil tersebut, meningkatkan Loyalitas konsumen dapat diupayakan dengan meningkatkan indikator dari variabel kepercayaan konsumen dan kepuasan konsumen tersebut.