Pengaruh Customer Value, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Promosi Terhadap Kepuasan Pengunjung Objek Wisata Waterboom Kota Sawahlunto
Main Author: | Dwi Putri, Nengsih |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/822/1/13090083%20DWI%20PUTRI%20NENGSIH%20oke.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/822/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/822/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/822/4/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/822/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh customer value terhadap kepuasan pengunjung 2) pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung 3) pengaruh kepercayaan terhadap kepuasan pengunjung 4) pengaruh promosi terhadap kepuasan pengunjung 5) pengaruh customer value, kualitas pelayanan, kepercayaan dan promosi secara bersama-sama terhadap kepuasan pengunjung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Populasi penelitian ini adalah pengunjung yang berkunjung ke objek wisata waterboom kota Sawahlunto. Teknik pengambilan sampel dengan non probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik analisis data: analisis deskriptif dan analisis induktif yaitu uji maximun likelihood, uji ramsey, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikoleniaritas, uji autokorelasi, analisis regresi berganda dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan customer value terhadap kepuasan pengunjung, dengan nilai koefisien sebesar 0,165 dan nilai thitung> ttabel (3,223 > 1,660), 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung, dengan nliai koefisien sebesar 0,316 dan nilai thitung> ttabel (3,978 > 1,660), 3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kepercayaan terhadap kepuasan pengunjung, dengan nliai koefisien sebesar 0,130 dan nilai thitung> ttabel (2,896 > 1,660), 4) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan promosi terhadap kepuasan pengunjung, dengan nliai koefisien sebesar 0,119 dan nilai thitung> ttabel (2,376> 1,660), 5) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama– sama customer value, kualitas pelayanan, kepercayaan, dan promosi terhadap kepuasan pengunjung, berdasarkan hasil analisis data Fhitung>Ftabel(9.640 > 2,46) dan R Square 0,289 yang artinya 28,9% perubahan dari variabel dependen (kepuasan pengunjung) dapat dijelaskan oleh variabel independen (customer value, kualitas pelayanan, kepercayaan dan promosi) sedangkan sisanya sebesar 71,1% dipengaruhi variabel lain. Pada indikator customer value dan kualitas pelayanan sudah dikategorikan baik sedangkan pada indikator kepercayaan dan promosi masih tergolong kepada kategori cukup baik maka dari itu perusahaan harus lebih meningkatkan kualitas jasa dan produk dari segi apapun baik itu dari segi atribut dan lain sebagainya. Untuk peneliti lainnya di harapkan menambah variabel lainnya yang bisa mempengaruhi kepuasan pelanggan/pengunjung agar penelitian tersebut bisa menjadi lebih baik lagi. Bagi peneliti yang ingin meneliti tentang kepuasan pengunjung pada tempat yang sama disarankan mengaitkannya dengan variabel, yang lain dari customer value, kualitas pelayanan, kepercayaan dan promosi.