Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 30 Padang
Main Author: | Silvia, Putri Ramadani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7438/1/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7438/2/BAB%20V.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7438/3/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7438/4/14010122%20-%20SILVIA%20PUTRI%20RAMADANI%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/7438/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan, diantaranya adalah proses pembelajaran di SMP Negeri 30 Padang hanya berjalan satu arah yang hanya berpusat pada guru sehingga siswa menjadi bosan dan kurangnya perhatian siswa dalam pembelajaran. Pada saat proses pembelajaran berlangsung masih banyak siswa yang tidak memperhatikan gurunya seperti berbicara saat guru menerangkan pembelajaran. Hal ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan menggunakan rancangan Randomized Control Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 30 Padang yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 9 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling, didapatkan kelas sampel yaitu kelas eksperimen adalah VIII.8 dan kelas kontrol adalah VIII.7. Instrumen pada penelitian ini meliputi tiga ranah yaitu, ranah afektif dengan aspek penilaian berupa observasi sikap, ranah kognitif dengan memberikan tes akhir berupa soal pilihan ganda dan ranah psikomotor dengan aspek penilaian berupa produk. Teknik analisis data menggunakan uji t. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan data pada ranah afektif rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 38,51 dengan predikat D, sedangkan pada kelas kontrol adalah 33,87 dengan predikat D. Harga thitung 1,40 < ttabel 1,67, maka hipotesis ditolak. Pada ranah kognitif kelas ekperimen dengan rata-rata tes hasil belajar adalah 66,79 dengan persentase ketuntasan 17%, sedangkan pada kelas kontrol adalah 63,49 dengan persentase ketuntasan 0%. Harga thitung 1,06 < ttabel 1,67, maka hipotesis ditolak. Pada ranah psikomotor ratarata hasil belajar kelas eksperimen adalah 62,2 dengan predikat D, sedangkan pada kelas kontrol adalah 55,24 dengan predikat D. Harga thitung 1,81 > ttabel 1,67, maka hipotesis diterima. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Padang, belum dapat meningkatkan hasil belajar pada ranah afektif dan kognitif dan dapat meningkatkan hasil belajar pada ranah psikomotor.