Pengaruh Penerapan strategi Pembelajaran Aktif Tipe Questions Students Have (QSH) disertai Kuis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPS SMAN 9 Padang
Main Author: | Yossy, Pricilia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6585/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6585/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6585/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6585/4/12050120%20YOSSY%20PRICILIA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6585/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa yang masih rendah, siswa tidak berani bertanya pada guru, dan memberikan pendapat dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana perkembangan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Questions Students Have (QSH) disertai Kuis dan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan strategi pembelajaran aktif tipe Questions Students Have (QSH) disertai Kuis lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas XI IPS SMAN 9 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMAN 9 Padang Tahun pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, dengan kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian tes akhir berbentuk esai dengan reliabilitas = 0,84. Analisis kuis dilakukan dengan mencari rata-rata kuis tiap pertemuan. Berdasarkan hasil analisis kuis diketahui bahwa perkembangan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Questions Students Have (QSH) disertai Kuis mengalami peningkatan. Teknik analisis data tes akhir menggunakan uji t satu pihak. Berdasarkan analisis data tes akhir diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 3,72 lebih besar dari ttabel = 1,645. Dengan demikian, hipotesis diterima yaitu hasil belajar matematika siswa dengan pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Questions Students Have (QSH) lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada kelas XI IPS SMAN 9 Padang.